Aremania Jepang di Balik Gabungnya Seiya da Costa Lay ke Arema

- Advertisement -

Mohammad Ian menjadi salah satu sosok penting di balik bergabungnya pemain keturunan Jepang, Seiya da Costa Lay dengan tim Arema U-18 setahun silam. Salah seorang pendiri Aremania Japan itu yang memperkenalkan si pemain kepada manajemen Arema.

Lahir di Hiroshima, Seiya kebetulan merupakan keturunan ayah-ibu seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang lama tinggal di Jepang. Jefry da Costa ayahnya asli Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan ibunya, Sisilia Ma yang memiliki darah Jepang dari orang tuanya.

Pemain 17 tahun itu merupakan satu-satunya anak keturunan Indonesia-Jepang yang mendapatkan beasiswa di salah satu SMA ternama di Hiroshima bernama Joshuikan, karena permainan sepak bolanya bagus. Selama ini Joshuikan memang banyak menghasilkan bibit-bibit pesepakbola bertalenta untuk provinsi mereka.

“Karena kebetulan Papa Seiya itu teman kerja saya, saya tertarik untuk memakai Seiya untuk bermain di tim futsal Aremania Japan, kira-kira tiga tahun yang lalu,” kata Ian kepada WEAREMANIA.

Seiya da Costa Lay Ikut Tim Futsal Aremania Japan

Tim futsal Aremania Japan yang diperkuat Seiya di kejuaaran futsal yang diadakan oleh anak-anak pemagang, akhirnya keluar sebagai juara. Setelah mengikuti kejuaraan itu, Seiya semakin mengenal Arema, semakin hari semakin suka, bahkan setiap Arema bermain selalu nonton lewat streaming.

“Dari situ Papa Seiya bertanya kepada saya, soal peluang anaknya menjadi pemain Arema, saya jawab kemungkinan bisa,” imbuh pria yang sudah 19 tahun di Jepang itu.

Ian memastikan Seiya terhitung pemain lokal jika bermain di Indonesia, karena memegang dokumen-dokumen lengkap, termasuk paspor Indonesia. Kini, Seiya yang sudah berusia 19 tahun mantap memilih menjadi WNI.

“Sebelum terbang ke Malang, Seiya bilang kepada orang tuanya dan saya. Dia ingin pulang ke Indonesia karena merasa sebagai orang Indonesia,” tambahnya.

Sudah Terdaftar Sebagai Pemain Arema U-20

Sempat menjalani seleksi tiga hari, Seiya bergabung dengan Arema U-18 pada Mei tahun lalu. Usai ikut tim Arema U-20 menjalani laga uji coba melawan Arema (15/8/2020), sejak Kamis (3/9/2020) Seiya sudah mengikuti sesi latihan bersama tim senior.

“Target pribadi saya untuk Seiya, dia bisa masuk ke tim senior Arema segera. Saya juga berharap tiga tahun lagi Seiya bisa dilirik bergabung dengan tim nasional Indonesia U-23,” pungkas Ian.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya