Arema Ingin Pindah Kandang dari Bali ke Jawa Timur, Masih Pikirkan Opsi Terbaik

- Advertisement -

Arema ingin pindah kandang dari Bali ke Jawa Timur untuk lanjutan Liga 1 2023-2024. Namun, sementara ini, manajemen klub masih memikirkan opsi terbaik dengan berbagai pertimbangan.

Opsi bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dipilih lantaran Arema tak bisa memakai Stadion Gajayana, Kota Malang sebelum direnovasi. Namun, sisi negatifnya, biaya pengeluaran lebih besar, dan minimnya pemasukan dari tiket karena sedikitnya Aremania yang hadir.

Karenanya, ada masukan agar Arema memindahkan laga kandangnya ke stadion sekitar wilayah Malang. Namun, menurut General Manager Arema, Yusrinal Fitriandi, hal itu tak bisa serta merta dilakukan.

“Sampai saat ini, kami gak pernah gak berpikir soal pengembalian homebase ini. Kami pun sudah berusaha menjajaki stadion-stadion di Jawa Timur. Paling ideal sampai saat ini masih di Bali. Taoi, kami masih terus memantau peluang untuk kembali ke sekitar Malang,” kata Yusrinal.

Arema Ingin Pindah Kandang, Tapi Banyak Pertimbangan

Inal, sapaan akrab Yusrinal mengatakan ada banyak pertimbangan yang membuat rencana pindah homebase dari Bali ke Jawa Timur masih tertunda. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk risikonya.

“Semua jadi pertimbangan, bagaimana plus-minusnya main di Jatim. Semua masih kita pertimbangkan matang-matang. Kalau kita pindah ke Jatim pasti ada risikoya. Oke, setidaknya pengeluarannya lebih rendah, tapi kan ada perbandingan risikonya juga,” imbuhnya.

“Ada yang bilang, kalau bermain di Jatim pasti suporter yang datang lebih banyak. Tapi, apakah ada yang bisa menjamin hal itu? Kalau tidak penuh, kan kami tetap harus mengeluarkan dana operasional pertandingan.”

Pertimbangkan Kondisi Sosial Budaya

Inal menambahkan, kondisi sosial budaya di wilayah sekitar Malang juga menjadi catatan tersendiri pihaknya. Menurutnya, sebelum memilih di mana venue untuk menggelar laga kandang, hal tersebut sangat penting diperhatikan.

“Kondisi sosial budaya juga harus kita pertimbangkan. Hal itu gak bisa kita pisahkan dengan sepak bola, pasti akan berpengaruh,” pungkas pria asal Malang tersebut.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya