Mencoba Legawa Usai Arema Tak Lolos Club Licensing 2023-2024

- Advertisement -

Arema tak lolos club licensing 2023-2024 yang diadakan Komite Lisensi Klub atau Club Licensing Committee PSSI. Manajemen Arema mencoba legawa atas keputusan tersebut.

Ini merupakan kegagalan kedua bagi Skuad Singo Edan. Musim lalu, Arema pun tak mendapatkan lisensi klub profesional seperti yang mereka kantongi di musim-musim sebelumnya.

Seperti yang diumumkan PSSI, dari 18 klub Liga 1 2023-2024, hanya ada sembilan klub yang lolos club licensing tahun ini. Klub yang tak lolos diberikan waktu hingga 23 Mei 2024 mendatang, sebelum hasilnya dilaporkan PSSI kepada AFC pada 30 Mei 2024.

General Manager Arema, Yusrinal Fitriandi menganggap kegagalan itu sebagai pelajaran berharga. Kegagalan itu juga dijadikan sebagai momentum untuk perbaikan Arema ke depannya.

“Arema sudah menerima hasilnya, kita dihadapkan pada situasi yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Semoga ini menjadi momentum ke depan, agar bisa lebih baik lagi,” kata Inal, sapaan akrab Yusrinal.

Alasan Arema Tak Lolos Club Licensing 2023-2024

Inal menambahkan, tak mudah bagi sebuah klub untuk masuk Club Licensing Administration System (CLAS), seperti yang pernah didapatkan Arema sebelumnya. Ada sejumlah aspek yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran.

Arema pernah mengantongi lisensi klub profesional AFC itu dalam lima periode berturut-turut, pada tahun 2017, 2018, 2019, 2020, dan 2021. Setidaknya ada lima aspek penilaian, yakni ligalitas, finansial, personel dan administrasi, infrastruktur, dan sporting (pembinaan usia dini).

“Tentu untuk mengembalikan itu semua butuh waktu yang tidak singkat. Kami yakin bahwa Arema tetap berproses untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan ke depannya,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya