Menilai Performa Charles Raphael Sebagai Bek Tengah Arema

- Advertisement -

Tim pelatih menilai performa Charles Raphael sebagai bek tengah Arema di laga melawan Persis Solo di Pekan 5 Liga 1 2023-2024, Minggu (30/7/2023). Pemain asal Brasil itu kebetulan diduetkan dengan Bagas Adi Nugroho.

Bertransformasi dari posisi naturalnya sebagai gelandang bertahan menjadi bek tengah memang bukan pengalaman pertama bagi Raphael. Sebelumnya, pemilik jersey bernomor punggung 32 itu pernah menjadi stopper dadakan saat Arema melawan Persik Kediri dan Bali United, tapi tidak sejak awal laga.

Sebelumnya, tim pelatih Arema memang mengakui jika Raphael sengaja dijadikan sebagai solusi absennya Ichaka Diarra yang mengalami cedera hamstring. Asisten Pelatih Arema, Kuncoro menyebut Raphael menunaikan tugasnya dengan baik.

“Terlepas dari skor akhirnya 1-1, kalau saya menilai penampilan Raphael bagus. Ketika ada pemain yang bisa bermain di dua posisi atau lebih, tentu menjadi banyak pilihan bagi tim pelatih. Kemarin Ichaka gak bisa main, yang bisa Raphael, makanya kita pasang di posisi itu. Alhamdulillah bagus,” kata Kuncoro.

Performa Charles Raphael Bukan Jaminan Selamanya Akan Jadi Bek Tengah Arema

Meski tampil bagus sebagai bek tengah, Kuncoro memastikan tak ada jaminan bagi Charles Raphael menempati posisi itu lagi di laga-laga Arema selanjutnya. Bisa jadi, pemain berusia 28 tahun itu dikembalikan ke posisi aslinya.

Dalam portofolio kariernya sebagai pesepak bola, Raphael memang bisa bermain di dua posisi, gelandang bertahan maupun bek tengah. Kuncoro menegaskan, itulah salah satu alasan Arema merekrutnya.

“Kita lihat perkembangan selanjutnya, kita akan memakai strategi apa. Bisa saja dia main di posisi itu lagi, bisa juga di posisi aslinya. Kita lihat dalam dua hari ini,” imbuhnya.

Tak Ada Patokan di Posisi Bek Tengah

Selama ini, di posisi bek tengah Arema selalu ditempati duet pemain asing dengan pemain lokal. Namun, Kuncoro menegaskan, tak ada patokan bagi tim pelatih harus memakai pola demikian.

“Gak selalu harus duet satu pemain asing dengan satu pemain lokal. Tergantung situasinya, siapa yang siap akan dimainkan,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya