Tantangan Terberat Arema Musim Ini Versi Joko Susilo

- Advertisement -

Pelatih Joko Susilo punya pandangan tersendiri soal tantangan terberat Arema musim ini di Liga 1 2023-2024. Pelatih yang akrab disapa Gethuk itu menyinggung soal homebase dan peluang kehadiran suporter di stadion.

Saat ini, hampir bisa dipastikan Arema tak bisa bermain di Stadion Gaayana, Kota Malang sekalipun sudah didaftarkan sebagai homebase. Pasalnya, hingga dua pekan jelang kick off, belum ada pergerakan untuk proses renovasi stadion, khususnya penambahan daya lampu dan single seat.

Sebagai pelatih, sedikit banyak, Gethuk mengkhawatirkan situasi ini. Meski sudah berpengalaman bermain dalam sanksi laga usiran tanpa penonton musim lalu, tetap saja kondisi mental pemain menjadi sorotannya.

“Tidak ada klub di dunia ini yang mau bermain kandang di luar homebase-nya terus. Sekalipun kalau bermain di luar kandang mungkin menangan, tetap saja kami ingin bermain di kandang sendiri. Tidak ada klub yang bangga dan bahagia bermain di luar kandang, sekalipun tempat netral,” kata Gethuk.

Tantangan Terberat Arema Musim Ini Menghadapi Tekanan Suporter Sendiri

Di antara banyak faktor penyebab, Gethuk menyebut tekanan suporter di kandang bisa saja berdampak Arema susah menang di kandang. Diakuinya, Aremania bukan cuma suporter, tapi juga keluarga sendiri.

“Suporter itu seperti keluarga sendiri. Makanya, lebih berat kalau kita menghadapi mereka. Sama seperti kalau pun negara ini harus perang, lebih baik melawan bangsa asing daripada perang saudara dengan bangsa sendiri,” imbuhnya.

“Karena itu, saat ini kita butuh menyatukan kekuatan seperti sebelum-sebelumnya. Kita butuh satukan kekuatan antara klub, pelatih, pemain, dengan suporter.”

Semua Harus Kembali ke Fungsi Masing-masing

Gethuk menambahkan, bersatunya semua elemen di Arema harus dibarengi dengan kesadaran semua pihak untuk kembali ke fungsi masing-masing. Misalnya, pelatih melatih, pemain bermain, dan suporter mendukung.

“Sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi situasi ini. Yang terpenting, semua harus kembali ke fungsinya masing-masing. Jujur zaman sudah berubah, sekarang kita fokus, Arema ini harus kita jaga bersama, baik klub, pelatih, pemain, maupun suporter,” tandasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya