Klub Bisa Memainkan Pemain Baru Sebelum Putaran Pertama Selesai

Musim lalu, Hamka Hamzah bertemu PS Tira tiga kali dalam semusim.

Arema FC sudah bersiap menyambut bursa transfer Liga 1 yang bakal dimulai pekan depan. Persiapan ini digunakan untuk meningkatkan prestasi tim dari hasil yang dicapai di putaran pertama.

Pada regulasi yang dibuat, PT Liga Indonesia baru menyebut di pasal 23 tentang periode pendaftaran pemain pemain. Di ayat ketiga dijelaskan jika proses pendaftaran pemain untuk putaran kedua berlangsung pada 27 Agustus hingga 16 September 2019.

Meskipun masih akan dibuka sekitar seminggu lagi. Arema kabarnya sudah mencerna nama-nama pemain yang bakal masuk ke timnya. Terutama untuk mengganti pemain asing Pavel Smolyachenko yang sudah resmi akan dipinjamkan.

TMS Lebih Cepat

Berbeda dengan dengan pendaftaran di Liga. Penjadwalan bursa transfer pemain antar negara (TMS) untuk Indonesia sudah dibuka mulai kemarin, Senin (19/8). TMS untuk Indonesia dibuka hingga 16 September mendatang.

Hanif Marjuni sebagai Direktur Media PT LIB menyebut jika perbedaan ini juga digunakan untuk membantu klub agar mereka menyelesaikan urusan TMS lebih dahulu sebelum mendaftarkan pemain ke Liga. Karena bisanya pengurusan TMS memakan waktu dan tenaga yang lebih ekstra.

“Diaturnya memang seperti itu oleh bidang kompetisi dan sudah sesuai dengan kesepakatan klub,” ujarnya.

Sama seperti musim lalu, pembukaan transfer lebih cepat dibandingkan akhir putaran pertama. Jika dihitung pertandingan, Liga 1 2019 putaran pertama akan berakhir pada 1 September 2019.

Artinya, jika pendaftaran sudah dibuka pada 27 Agustus, klub akan memiliki kesempatan memainkan pemainnya sebelum putaran pertama selesai yakni di pekan ke-16 atau 17.

Kejadian ini mirip dengan musim lalu, saat Arema melakukan perombakan. Pada transfer Liga 1 putaran kedua Arema mencoret tujuh pemain dan mendatangkan empat pemain, yaitu Hamka Hamzah, Makan Konate, Alfin Tuasalamony, dan Srdan Ostojic.

“Selain mempersiapkan mengakhiri putaran pertama dengan poin yang bagus, Kami jajaran manajemen juga tengah menunggu hasil evaluasi pemain dari pelatih,” ungkap Ruddy Widodo.