Evaluasi Putaran Pertama: 5 Pemain Arema Terbanyak Duduk di Bench

Evaluasi Putaran Pertama: 5 Pemain Arema Terbanyak Duduk di Bench
Evaluasi Putaran Pertama: 5 Pemain Arema Terbanyak Duduk di Bench (C) DANI KRISTIAN

Ada 5 pemain Arema yang terbanyak duduk di bench pemain cadangan sepanjang putaran pertama Liga 1 2019. Bahkan, ada di antara mereka yang sama sekali belum merasakan menit bermain dalam 16 laga yang sudah dijalani skuat Singo Edan.

Bukan soal kualitas yang membuat mereka duduk di bench pemain cadangan. Semua itu tergantung pada taktik dan strategi pelatih Milomir Seslija. Kesiapan si pemain juga menentukan dirinya masuk ke tim utama atau cuma menjadi penghangat bangku cadangan.

Meski demikian, kelima penggawa Singo Edan ini patut bersyukur. Setidaknya, mereka masih dipercaya duduk di bench pemain cadangan ketimbang pemain lain yang bahkan sama sekali belum pernah duduk di sana.

Berikut 5 pemain Arema terbanyak duduk di bench selama putaran pertama Liga 1 2019

1. Rachmat Latief

Rachmat Latief sudah duduk di bench pemain cadangan sebanyak sembilan kali. Namun, pemain asal Makassar itu sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di lapangan, sebagai pemain pengganti sekalipun.

Sebagai stopper, Latief harus bersaing dengan duo Hamka Hamzah dan Arthur Cunha. Belum lagi masih ada nama Ikhfanul Alam yang lebih dipercaya bermain ketika duo stopper inti absen karena akumulasi kartu atau pun cedera.

2. Hanif Sjahbandi

Sama dengan Latief, Hanif Sjahbandi juga duduk di bench pemain cadangan sebanyak sembilan kali sepanjang putaran pertama lalu. Bedanya, gelandang asal Bandung itu sempat bermain selama 599 menit (11 laga).

Hanif menjadi starter di tim utama sebanyak enam kali dari 11 laga yang dijalaninya. Pemilik jersey bernomor punggung 19 itu lima kali menjadi pemain pengganti dan empat kali digantikan.

3. Ahmad Nur Hardianto

Ahmad Nur Hardianto sedikit lebih banyak duduk di bench pemain cadangan ketimbang dua pemain di atas. Pemain asal Lamongan itu 11 kali duduk di sana.

Total 170 menit sudah dijalaninya dalam lima pertandingan bersama Arema. Hardianto sekali saja masuk tim utama, selebihnya penyerang bernomor punggung 7 itu masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti.

4. Muhammad Rafli

Di usianya yang masih 20 tahun, Muhammad Rafli terbilang bagus dengan duduk di bench pemain cadangan sebanyak 12 kali, jika dibanding pemain muda Arema seusianya yang lain. Bahkan, gelandang asli Tangerang itu membukukan 293 menit dalam 11 laga.

Rafli tercatat sekali menjadi pemain inti Arema. Sisanya, 10 kali pemilik jersey bernomor punggung 30 itu bermain sebagai pemain pengganti, dan sekali digantikan. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pemain Arema yang paling sering bermain dari bangku cadangan sepanjang putaran pertama.

5. Rifaldi Bawuo

Bersama Rafli, Rifaldi Bawuo menjadi pemain yang paling sering duduk di bench pemain cadangan selama putaran pertama, yakni 12 kali. Penyerang asal Gorontalo tersebut bermain selama 302 menit dalam sembilan laga.

Posisi pemain inti pernah dirasakannya selama dua kali pertandingan. Selebihnya, Rifaldi tujuh kali masuk menjadi pemain pengganti dan sekali digantikan.