Jika Poin Bhayangkara FC, Persebaya, dan Arema Sama, Siapa Peringkat 3?

Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, dan Arema menjadi tim yang masih bersaing finish di posisi 3 klasemen akhir hingga laga Pekan 34 Liga 1 2021-2022. Jika poin Bhayangkara FC, Persebaya, dan Arema sama, lantas siapa yang berhak menduduki peringkat 3 nantinya?

Saat ini, Bhayangkara ada di peringkat 3 dengan koleksi 62 poin. Mereka unggul head to head dengan Persebaya yang ada di peringkat 4 meski poinnya sama. Sementara, Arema menguntit di peringkat 5 dengan poin 62.

Ketiga tim yang bersaing untuk tiket kualifikasi AFC Cup 2023 itu sama-sama menyisakan satu laga di Pekan 34. Bhayangkara akan menantang Persiraja Banda Aceh, Persebaya menghadapi Borneo FC, dan Arema harus melawan PSM Makassar.

Ada peluang terjadinya momen di mana ketiga tim itu memiliki poin akhir yang sama, yakni 63. Hal itu terjadi jika Bhayangkara dan Persebaya sama-sama mengalami kekalahan, sedangkan Arema bermain imbang.

Lalu, Jika Poin Bhayangkara FC, Persebaya, dan Arema Sama, Siapa Peringkat 3?

Sekadar mengingatkan kembali, PT Liga Indonesia Baru punya regulasi penerapan klasemen mini untuk menghitung head to head antar klub. Aturan poin mini itu bakal diterapkan untuk menentukan siapa di antara Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya atau Arema yang berhak menempati peringkat 3 jika punya poin sama.

Jadi, Arema, Persebaya, dan Bhayangkara FC yang jika nanti sama-sama punya 62 poin dihitung head to headnya. Dari laga antar ketiga tim itu didapatkan perhitungan jumlah poin mini yang menentukan posisi mereka di klasemen akhir.

Aturan poinnya sama, pertandingan (head to head) yang berakhir dengan kemenangan memiliki poin 3, sedangkan hasil imbang mendapatkan poin 1. Sementara, untuk kekalahan tidak mendapatkan poin.

Inilah Head to Head Bhayangkara FC, Persebaya, dan Arema

Bhayangkara FC

Arema 1-1 Bhayangkara FC (1 poin)
Bhayangkara FC 0-1 Arema (0 poin)
Persebaya 0-1 Bhayangkara FC (3 poin)
Bhayangkara FC 2-1 Persebaya (3 poin)
Total: 7 poin

Arema FC

Arema 1-1 Bhayangkara FC (1 poin)
Bhayangkara FC 0-1 Arema (3 poin)
Arema 2-2 Persebaya (1 poin)
Persebaya 1-0 Arema (0 poin)
Total: 5 poin

Persebaya Surabaya

Persebaya 0-1 Bhayangkara FC (0 poin)
Bhayangkara FC 2-1 Persebaya (0 poin)
Arema 2-2 Persebaya (1 poin)
Persebaya 1-0 Arema (3 poin)
Total: 4 poin

Dari sini didapatkan total poin mini bagi masing-masing klub dari hasil pertandingan head to head-nya. Jadi, Bhayangkara dengan 7 poin lebih berhak atas peringkat 3, Arema dengan 5 poin di peringkat 4, dan Persebaya dengan 4 poin di peringkat 5.

Situasi seperti ini sempat terjadi di Pekan 30 lalu. BACA: Inilah momen ketika Arema, Persebaya, dan Bhayangkara FC punya poin yang sama di Pekan 30.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.