Klub Luar Negeri yang Pernah Ditaklukkan Arema di Malang

Klub Luar Negeri yang Pernah Ditaklukkan Arema di Malang
Arema melawan Selangor FA (C) WEAREMANIA

Saat bermain di kandang, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Arema selalu tampil garang, tek terkecuali ketika menghadapi klub asing. Bagkan, tercatat ada 10 klub luar negeri yang pernah ditaklukkan Arema di kandang.

Sepanjang perjalanan sejarah klub, Arema pernah mengikuti sejumlah kompetisi antar klub Asia. Mulai dari Piala Champion Asia 1993, AFC Champions League 2007, AFC Champions League 2010, dan terakhir AFC Cup 2014. Selain itu, Arema juga pernah melakoni laga uji coba menjamu tim-tim dari luar negeri.

Lalu, Siapa Saja Klub Luar Negeri yang Pernah Ditaklukkan Arema di Kandang?

1. Quang Nam Dang

Klub luar negeri pertama yang mampu dikalahkan Arema adalah Quang Nam Dang. Kedua tim bersua di Stadion Gajayana, Kota Malang pada leg pertama babak penyisihan Piala Champion Asia (sekarang menjadi AFC Champions League) 1993.

Cukup 1-0 saja untuk membuat klub asal Vietnam itu pulang ke kampungnya dengan membawa kekalahan. Gol satu-satunya Arema dilesakkan oleh gelandang andalannya, Jonathan.

2. Bangkok University

Pada ajang AFC Champions League 2007, Arema hanya membukukan satu kemenangan dari enam laga di babak penyisihan grup. Satu-satunya kemenangan itu mereka dapatkan saat menjamu Bangkok University di matchday 4 (25/4/2007).

Menjamu lawan di Stadion Gajayana, skuad Singo Edan hanya menang tipis 1-0 atas klub Thailand tersebut. Gol kemenangan Arema diciptakan oleh stopper asingnya, Bruno Casmir.

3. Loyola Meralco Sparks

Arema juga pernah berjumpa dengan Loyola Meralco Sparks di kandang sendiri. Skuad Singo Edan mampu mengalahkan klub yang berasal dari Filipina itu pada babak penyisihan Piala Menpora 2013 (21/9/2013).

Skor 1-0 mengakhiri laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan tersebut. Gol semata wayang Arema dilesakkan oleh Beto Goncalves.

4. Central Coast Mariners

Arema juga pernah mengalahkan Central Coast Mariners. Sama seperti Loyola, klub asal Liga Australia itu dikalahkan Arema pada ajang Piala Menpora 2013, namun kali ini di laga final (29/9/2013).

Skuad Singo Edan menang tipis 2-1 pada laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan tersebut. Menariknya, dua gol Arema dibuat Keith Kayamba Gumbs di menit lewat titik penalti, sedangkan gol balasan CCM dicetak Marcos Flores.

5. Eintracht Frankfurt

Tim asal Bundesliga Jerman, Eintracht Frankfurt juga pernah merasakan dihajar Arema di Malang. Kedua tim bersua di sebuah ajang uji coba internasional (5/10/2013) di Stadion Kanjuruhan.

Saat itu, Arema mampu mengalahkan Eintracht yang membawa tim cadangan dengan skor tipis 3-2. Cristian Gonzales menyumbang dua gol, ditambah satu gol Kayamba Gumbs, sedangkan gol lawan dibuat Dester Helweg dan Wile Erik.

6. DC United

Sebuah laga uji coba internasional lainnya mempertemukan Arema dengan DC United. Tim peserta Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat itu dijamu di Stadion Kanjuruhan (8/12/2013).

Kala itu, skuad Arema mampu memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1. Setelah gol Hendro Siswanto disamakan oleh Luis Silva, Sunarto mampu melesakkan gol kemenangan Arema pada pengujung babak kedua.

7. Mazia Sport & Recreation

Pada tahun 2014, Arema kembali beraksi di ajang antar klub Asia, yakni AFC Cup 2014. Lawan pertama yang dihadapi skuad Singo Edan di Stadion Kanjuruhan pada babak penyisihan grup adalah Mazia Sport & Recreation (1/4/2014).

Klub asal Maladewa itu nyaris membawa pulang satu poin, tetapi secara dramatis Arema sanggup menang tipis 3-2. Dua gol Arema dibuat Cristian Gonzales, ditambah satu gol Gustavo Lopez, yang mampu dibalas dua gol oleh Maziya melalui Ali Amdhaan, dan Abdulla Ibrahim.

8. Selangor FA

Selangor FA juga pernah merasakan digasak Arema di Stadion Kanjuruhan. Sama, mereka juga tergabung satu grup di babak penyisihan AFC Cup 2014 (16/4/2014).

Gustavo Lopez menjadi pahlawan Arema pada pertandingan tersebut lewat golnya ke gawang Selangor. Bertekad membawa pulang poin, klub asal Liga Super Malaysia itu malah kalah 0-1 di hadapan Aremania yang memenuhi tribune stadion.

9. UiTM Malaysia

Satu tim asal Liga Malaysia lainnya, UiTM juga pernah merasakan pulang dengan kekalahan dari Malang. Mereka dijamu Arema dalam rangka menjalani laga uji coba pra-musim jelang bergulirnya QNB League 2015 (26/12/2014).

Lagi-lagi, kemenangan tipis diraih skuad Singo Edan, dengan skor 2-1. Abblode Yao Rudy dan Cristian Gonzales melesakkan masing-masing satu gol untuk Arema, sedangkan gol lawana dicetak Dao Bakary.

10. Sabah FA

Terbaru, Arema kembali berjumpa dengan tim asal Liga Malaysia yang tengah menjalani tur ke Pulau Jawa, Indonesia. Skuad Singo Edan menjamu Sabah FA yang menjadi tim undangan Piala Gubernur Jawa Timur 2020 (11/2/2020).

Kemenangan 2-0 berhasil diraih Arema pada laga yang dihelat di Stadion Kanjuruhan ini. Satu gol Arema dibuat Oh In-kyun dari eksekusi penalti, satu gol lagi karena hasil bunuh diri Rendy Baruh.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.