Selamat Ulang Tahun, Jenderal Acub Zaenal!

Selamat Ulang Tahun, Jenderal Acub Zaenal!
Selamat Ulang Tahun, Jenderal Acub Zaenal! (C) TABLOIDJUBI

Adakah Aremania yang tak mengenal nama Brigadir Jenderal Acub Zaenal? Meski tak mengenalnya secara langsung, setidaknya Aremania generasi millenial wajib mengetahuinya sebagai sosok yang mendirikan Arema pada 11 Agustus 1987 silam.

Jenderal Acub lahir pada 19 September 1927 silam, dan meninggal dunia di Jakarta, 4 Oktober 2008 pada usia 81 tahun. Semasa hidupnya, ia pernah menjabat sebagai Panglima Kodam XVII/Cenderawasih periode 1970-1973 (20 Februari 1970-2 Juni 1973). Selain berkarier di dunia militer, ia pun pernah menjadi politisi dan menjabat sebagai Gubernur Papua periode 1973-1975 (29 Juni 1973-31 Maret 1975).

Sebelum berjasa untuk sepak bola Malang, Jenderal Acub terlebih dahulu berjasa untuk masyarakat Papua (dulu Irian Jaya). Dialah pemrakarsa pemugaran Stadion Mandala Jayapura menjadi stadion milik KONI yang bentuknya dinilai bagus dan telah memiliki tribun. Selain itu, setelah dilantik menjadi Gubernur, pada tahun 1973, agenda pemerintahan pertamanya adalah merombak kantor Gubernur, dan membangun GOR (Gedung Olah Raga) Jayapura. Ia pun pernah menggelar kejuaraan sepak bola antarkabupaten se-Papua yang memperebutkan Piala Acub Zaenal.

Jabatan sebagai pengurus federasi sepak bola Indonesia, PSSI pun pernah diembannya di era 80-an. Bahkan, saat menjabat itulah sang Jenderal mendirikan klub sepak bola Liga Sepak bola Utama (Galatama) bernama Arema. Sebelumnya, ia sudah mendirikan klub sepak bola lain bernama Perkesa 78, yang juga bermain di Galatama.

Kisah Jenderal Acub Zaenal Mendirikan Arema

Arema yang didirikan Jenderal Acub Zaenal berasal dari klub lokal Armada 86 yang dikelola Dirk “Derek” Sutrisno (Alm). Nama klub ini sempat berganti menjadi Aremada, kemudian diganti lagi menjadi Arema 86.

Sang Jenderal datang sebagai penyelamat mengambilalih Arema 86 yang mengalami kesulitan dana. Nama klub ini pun kemudian diganti menjadi Arema Malang. Klub ini pun ditetapkan menjadi peserta Galatama setelah diresmikan berdiri pada 11 Agustus 1987, sesuai akta notaris Pramu Haryono SH No 58. Ia mengelola klub sepak bola ini bersama sang putra, Lucky Adrianda Acub Zaenal, yang lebih dikenal dengan panggilan Sam Ikul.

Saat ini, sudah 11 tahun sang Jenderal tiada. Hari ini merupakan hari spesial baginya. Selamat ulang tahun, Jenderal. Jasamu akan selalu dikenang. Warisanmu berupa klub sepak bola Arema akan selalu kami rawat sebaik mungkin.