Unggul FC Malang Siap Hadapi Debut di Liga Futsal Profesional Indonesia 2022-2023023

Unggul FC Malang siap hadapi debut di Liga Futsal Profesional Indonesia 2022-2023. Pada pertandingan pertama, mereka bakal menghadapi IPC Pelindo di GOR POPKI, Sabtu (7/1/2023), pukul 15.00 WIB.

Pelatih Unggul FC, Andri Irawan mengatakan, anak asuhnya sudah melakukan persiapan sejak Oktober 2022 lalu. Sebelumnya mereka sudah menjalani sejumlah laga uji coba di Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dari enam sampai tujuh kali laga uji coba, Andri sudah mengerti kendala-kendala apa saja yang akan dihadapi Unggul FC berdasarkan laga-laga uji coba itu. Kini mereka tinggal mematangkan persiapan itu menjadi 100 persen.

“Kami punya catatan-catatan dari hasil laga uji coba selama persiapan. Ada rekaman video pertandingan juga. Tim analis kami sudah menganalisa, baik kekuatan tim sendiri maupun tim lawan yang akan dihadapi,” kata Andri.

Debut di Liga Futsal Profesional Indonesia 2022-2023023, Unggul FC Siapkan Mental Pemain

Andri Irawan tak hanya menyiapkan tim Unggul FC secara teknik, taktik, dan fisik saja. Persiapan mental pemain juga menjadi perhatian khusus dari tim pelatih.

“Saya berharap semua berjalan lancar. Waktu beruji coba, kita sengaja cari lawan tim-tim besar untuk latihan mental. Sebab, sebagian besar pemain kami masih baru menginjakkan kaki di Liga Futsal Profesional Indonesia. Lambat laun, setelah pertandingan pertama, secara psikologis ada progres,” imbuhnya.

“Yang sama khawatirkan adalah ketika kami tertekan. Bagaimana kami keluar dari tekanan itu. Kalau taktik dan strategi, saya rasa kami tidak kalah dari lawan. Pemain senior kami akan memainkan perannya berdasarkan pengalamanan.”

Yakin Dengan Komposisi Pemain Unggul FC

Andri Irawan yakin dengan komposisi skuad Unggul FC saat ini, meskipun diakuinya masih ada sejumlah kekurangan. Namun, pihaknya sudah punya solusi untuk hal tersebut.

“Saya yakin dengan komposisi pemain yang ada. Mungkin para pemain eks Unggul FC yang bermain di Liga Nusantara musim lalu tidak punya pengalaman, tapi mereka punya agresifitas sesuai dengan karakteristik dan konsep bermain saya,” sambungnya.

Menurutnya, Liga Futsal Profesional Indonesia itu tidak bisa dilihat hasilnya 1 tambah 1 sama dengan 2. Tapi, siapa tim yang paling siap segala sesuatunya, saat itu yang akan memenangkan pertandingan.

“Bukan mau mendahului Tuhan, tapi saya yakin dengan persiapan yang kami lakukan, secara fisik, tes kinetik, mental, dan semuanya. Ini debut pertama, kita akan manfaatkan sebaik mungkin, kita akan lakukan yang terbaik,” tandasnya.