Abblode Yao Rudy dan Koleksi Trofi di Arema

Abblode Yao Rudy dan Koleksi Trofi di Arema
Abblode Yao Rudy (C) WEAREMANIA

Abblode Yao Rudy merupakan bagian dari skuad Arema di QNB League 2015. Mungkin banyak yang tak menyangka jika penyerang asal Liberia yang hari ini (2/5/2020) genap berusia 28 tahun itu punya koleksi trofi juara pramusim di Arema.

Memang, kebersamaan Rudy di Arema cukup singkat, mengingat saat itu QNB League 2015 dibubarkan ketika PSSI dibekukan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Rudy yang lahir di Monrovia, Liberia, 2 Mei 1992, teken kontrak di Arema pada akhir Desember 2014 dan dilepas pada akhir Juli 2015.

Pemain yang kerap disebut-sebut punya penampilan mirip penyerang asal Italia, Mario Balotelli itu didatangkan dari tim runner-up Divisi Utama Liga Indonesia 2014, Persiwa Wamena. Kehadirannya satu paket dengan kompatriotnya, Sengbah Kennedy.

Reputasi keduanya cukup mentereng untuk level kasta kedua, di mana Sengbah merupakan Pemain Terbaik Divisi Utama Liga Indonesia 2014. Sementara Rudy adalah Pencetak Gol Terbanyak di musim tersebut.

Koleksi Trofi Pramusim Abblode Yao Rudy

Meski hanya tujuh bulan bersama Arema ketika kompetisi tak bergulir sebagaimana mestinya, Yao Rudy sempat mencicipi manisnya juara di masa pramusim. Setidaknya ada empat trofi juara yang dimenangkannya bersama Arema.

1. Juara Trofeo Persija Cup 2015

Turnamen pramusim pertama yang dimenangi Yao Rudy bersama Arema adalah Trofeo Persija Cup 2015. Saat itu, Arema datang sebagai juara bertahan Trofeo Persija Cup 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, (11/1/2015).

Saling bertemu dengan tuan rumah Persija Jakarta dan lawan lainnya, Sriwijaya FC, dengan format trofeo, ketiga tim sama-sama sekali menang lewat adu penalti (2 poin) dan kalah lewat adu penalti (1 poin). Hasilnya, ketiga tim berhak menjadi juara bersama turnamen tersebut.

2. Juara SCM Cup 2015

Yao Rudy pun memenangkan trofi juara SCM Cup 2015. Arema lolos sebagai juara Grup B, dan mengalahkan Persebaya Surabaya sebelum melaju ke partai puncak di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (27/1/2015).

Menghadapi si pemilik stadion, Sriwijaya FC di final, Arema mampu memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Gilang Ginarsa dengan golnya di menit 76 saat itu yang jadi pahlawan Arema.

3. Juara Inter Island Cup 2014

Hanya berselang kurang dari sepekan usai menjuarai SCM Cup 2015, Yao Rudy membawa Arema memenangkan trofi Inter Island Cup 2014 di stadion yang sama.

Kali ini, di partai final (yang sempat tertunda selama satu tahun), Arema menghadapi Persib Bandung (1/2/2015). Skuad Singo Edan menang 2-1 di mana gol penentu kemenangan dilesakkan rekan senegara Rudy, Sengbah Kennedy di menit 115.

4. Juara Bali Island Cup 2015

Terakhir, Yao Rudy mempersembahkan trofi juara Bali Island Cup 2015 (12/3/2015 hingga 16/3/2015). Selain Arema dan tuan rumah Bali United Pusam, ada Pelita Bandung Raya dan Persiram Raja Ampat sebagai tim kontestan.

Dengan format grup setengah kompetisi, Arema keluar sebagai juara grup dengan koleksi tujuh poin. Hasil dua kemenangan dan sekali imbang yang membawa Skuad Singo Edan menjadi kampiun.