Fabiano Beltrame dan 4 Trofi Juara untuk Arema

Fabiano Beltrame dan 4 Trofi Juara untuk Arema
Fabiano Beltrame dan 4 Trofi Juara untuk Arema (C) ABI YAZID

Selamat ulang tahun yang ke-37, Fabiano Beltrame! Meski memperkuat Arema tak sampai satu musim penuh, bek tengah asal Brasil itu sudah mempersembahkan empat trofi juara di ajang pra-musim.

Fabiano didatangkan manajemen Arema jelang bergulirnya QNB League 2015. Mantan pemain Persela Lamongan dan Persija Jakarta itu resmi dikenalkan ke publik pada 24 Desember 2014.

Sayang, kariernya di Arema tak lama, gara-gara kompetisi QNB League 2015 dibuyarkan. Konflik antara PSSI selaku federasi, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di musim tersebut memaksa kompetisi berhenti pada Mei 2015.

Meski demikian, kisah manis ditorehkan Fabiano selama memperkuat Arema. Selain tiga gol yang dibukukan dalam dua laga di QNB League 2015, empat gelar juara pra-musim diberikannya untuk Arema.

Juara Trofeo Persija Cup 2015

Arema sukses mempertahankan gelar juara Trofeo Persija Cup edisi 2015, meski harus puas menjadi juara bersama, 11 Januari 2015. Trofeo kali ini melibatkan Sriwijaya FC sebagai tim undangan.

Turnemn ini tetap digelar dengn sistem pertandingan segitiga alias trofeo ala Italia. Persija, Arema dan SFC menjadi juara bersama setelah ketiga tim sama-sama mengoleksi tiga poin hasil sekali menang adu penalti dan sekali kalah adu penalti. Sekedar catatan, kemenangan dalam 45 menit dihargai dengan tiga poin, kemenangan adu penalti diganjar dua poin, dan kalah dalam adu penalti dapat satu poin.

Skor 0-0 yang dibukukan Arema dua pertandingan melawan Persija dan Sriwijaya FC tak lepas dari kuatnya benteng pertahanan skuat Singo Edan. Fabiano lah salah satu aktor di balik keberhasilan Arema.

Juara SCM Cup 2015

Arema sukses menjadi juara Surya Citra Media (SCM) Cup 2015 setelah di laga final, 27 Januari 2015 mengalahkan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang dengan skor 1-0. Gol kemenangan skuat Singo Edan dibuat oleh Gilang Ginarsa di menit 76′.

Fabiano sempat menyumbang satu gol saat Arema mengalahkan Persela Lamongan di babak penyisihan grup di Stadion Kanjuruhan Malang, 20 Januari 2015. Saat itu Arema menang tipis 2-1. Satu gol Arema lainnya dibuat Cristian Gonzales.

Fabiano saat final SCM Cup melawan Sriwijaya FC
Fabiano saat final SCM Cup melawan Sriwijaya FC

Juara Inter Island Cup 2014

Arema sukses membawa pulang trofi juara Inter Island Cup pertamanya. Di partai final, skuat Singo Edan melibas Persib Bandung 2-1, 1 Februari 2015 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Fabiano membuka keunggulan Arema lewat golnya dari titik penalti di menit 49′. Persib sempat membalas lewat Vladimir Vujovic di menit 76′. Namun, Sengbah Kennedy dengan golnya di menit 115′ babak tambahan waktu menjadi penentu kemenangan Arema.

Fabiano saat melawan Persib di final Inter Island Cup
Fabiano saat melawan Persib di final Inter Island Cup

Juara Bali Island Cup 2015

Arema memastikan diri menjadi kampiun turnamen pra-musim Bali Island Cup 2015 setelah di laga pamungkas menundukkan Persiram Raja Ampat 2-0, 16 Maret 2015. Torehan tujuh poin milik skuat Singo Edan tak terkejar lagi meski masih ada duel Bali United Pusam vs Pelita Bandung Raya di laga malam harinya yang berakhir 0-0.

Fabiano juga menjadi bagian skuat Arema yang bermain di laga pamungkas tersebut. Meski tak menyumbangkan gol, penampilannya di lini belakang mampu membuat Arema mengukir cleansheet.

Nah, itu tadi cerita empat trofi juara untuk Arema yang dipersembahkan Fabiano Beltrame. Akankah suatu saat Fabiano kembali ke Arema dengan status pelatih? Kita tunggu saja.