Mengenang Gol Menyakitkan Makan Konate ke Gawang Arema

Mengenang Gol Menyakitkan Makan Konate ke Gawang Arema
Makan Konate

Makan Konate menjadi mesin gol andalan Arema sejak pertengahan musim di Liga 1 2018 hingga Liga 1 2019 hampir mendekati laga pamungkas. Namun, Aremania tentu masih mengingat bagaimana pemain asal Mali tersebut melesakkan gol menyakitkan ke gawang Arema.

Gol yang menyakitkan Aremania itu dibuat Konate di ajang Indonesia Super League (ISL) 2014, yang waktu itu dibuat dua wilayah. Gol tersebut dibuatnya saat masih berseragam Persib Bandung, yang akhirnya menjuarai kompetisi musim itu.

Arema dan Persib bersua di babak Semifinal yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 4 November 2014. Saat itu, Arema lolos dengan status sebagai juara Wilayah Barat dengan 46 poin, dan Persib runner-up Wilayah Barat dengan 41 poin.

Kala itu, skuat Singo Edan menelan kekalahan pahit dengan skor 1-3 melalui babak perpanjangan waktu. Konate lah yang menciptakan gol pengunci kemenangan Persib, hingga Arema gagal lolos ke partai puncak melawan Persipura Jayapura.

Satu Gol dan Satu Assist Makan Konate

Mengenakan jersey away berwarna kuning, Arema sebenarnya mampu unggul dulu lewat gol Alberto Beto Goncalves di awal babak kedua. Gol telat Vladimir Vujovic di menit 84 memaksakan skor 1-1, sehingga laga dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Pada menit 91, Konate melepaskan sebuah umpan cantik yang diselesaikan Atep dengan tendangan keki kanan melengkung. Bola yang mengarah ke pojok kiri atas gagal dijangkau oleh kiper Arema, Ahmad Kurniawan.

Puncaknya, Johan Farizi melakukan blunder di menit 112 setelah backpass-nya tak sampai pada Ahmad Kurniawan. Makan Konate berhasil mencuri bola liar itu, dan dengan tenang diceploskannya ke gawang kosong untuk kemenangan Persib 3-1.