Mengenang Gol Perdana Ahmad Bustomi untuk Arema

Mengenang Gol Perdana Ahmad Bustomi untuk Arema
Ahmad Bustomi (C) ONGISNADE

Gol perdana Ahmad Bustomi dicetaknya di musim keduanya bersama Arema. Momen itu terjadi di ajang Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 (19/5/2010).

Pemain kelahiran Jombang, 13 Juli 1985 itu bergabung dengan Arema di ISL 2008-2009. Bustomi didatangkan dari klub saudara sekota Arema, Persema Malang di usia yang masih cukup belia, yakni 23 tahun.

Namun, nama Bustomi baru tenar semusim kemudian di bawah besutan pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts. Pada musim keduanya itu juga, Bustomi mencetak gol pertamanya untuk Arema.

Bustomi mencetak gol tersebut ke gawang klub asal Kalimantan Timur, Bontang FC di pekan 22 ISL 2009-2010. Gol itu dibuatnya di hadapan Aremania yang membirukan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Gol Perdana Ahmad Bustomi di Injury Time

Ahmad Bustomi menjebol gawang Bontang FC di masa injury time babak kedua. Gol gelandang yang identik dengan jersey bernomor punggung 19 itu melengkapi derita tim tamu dengan skor 3-0.

Sebelumnya, Arema unggul di babak pertama lewat gol Esteban Guillen di menit 14. Bola hasil eksekusi tendangan bebas kaki kanannya meluncur ke pojok kiri atas gawang Bontang FC tanpa mampu dihadang kiper Sumardi.

Gol kedua Arema dilesakkan Muhammad Ridhuan di menit 89. Gol itu menuntaskan kerja sama apik antara Roman Chmelo dan Noh Alam Shah.

Gol Ahmad Bustomi ke Gawang Kiper Dadakan

Proses gol Ahmad Bustomi tercipta dari tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kanan atas gawang Bontang FC. Menariknya, gol itu tercipta ke gawang yang dijaga kiper dadakan, Joko Sidik, yang sebenarnya adalah seorang bek.

Joko terpaksa didapuk menjadi kiper menggatikan Sumardi yang mengalami cidera sejak menit 66. Pelatih Fachri Husaeni tak bisa menggantinya lantaran jatah pergantian pemain tiga kali sudah dihabiskannya.