Mengenang Kuatrik Emile Mbamba ke Gawang Persijap Jepara

Mengenang Kuatrik Emile Mbamba ke Gawang Persijap Jepara
Emile Mbamba (C) VAMOS AREMA

Satu dari sedikit pemain Arema yang mampu mencetak kuatrik adalah Emile Mbamba. Empat gol dalam satu laga itu dibuatnya ke gawang Persijap Jepara di pekan ke-25 Liga Indonesia 2007-2008, 18 Oktober 2007 silam.

Mbamba didatangkan Arema dari Vitoria Setubal (Portugal) di usia 26 tahun pada putaran kedua di saat stiker lainnya, Essa Mvondo dianggap mandul. Hanya saja, kemampuannya sempat diragukan Aremania lantaran gol yang dinantikan baru dicetaknya di laga keenam.

Lambat laun, penampilan penyerang kelahiran Yaoundé, Kamerun, 27 Oktober 1981 itu membaik. Bahkan, nama Mbamba tercatat dalam sejarah Arema sebagai pencetak empat gol dalam satu pertandingan.

Gawang Persijap Jepara yang menjadi korban keganasan pemilik jersey bernomor punggung 22 tersebut. Empat gol dari total 12 gol yang dibukukannya untuk Arema dibuatnya saat skuat Singo Edan menang telak 5-3 di kandang tim berjuluk Laskar Kalinyamat tersebut.

Gol Pembuka dan Penutup

Dua dari empat gol yang dibuat Emile Mbamba ke gawang Persijap Jepara menjadi gol pembuka dan penutup kemenangan Arema. Tiga gol dicetaknya di babak pertama, satu gol dilesakkannya di babak kedua.

Gol pertama Mbamba membuka keunggulan Arema 1-0 atas Persijap di menit 6. Persijap sempat berbalik unggul 2-1 lewat gol Christhoper Udensi di menit 20 dan Amarildo Souza di menit 28, sebelum Mbamba menambah dua gol yang cuma berselang semenit, di menit 34 dan 35.

Sebelum babak pertama berakhir, Persijap mampu memaksakan skor kembali imbang menjadi 3-3. Barisan pertahanan Arema tak mampu membendung gol ketiga tim tuan rumah yang diceploskan oleh I Komang Adyana di menit 43.

Pada babak kedua, Arema mampu menambah dua gol lagi untuk memastikan kemenangan 5-3. Setelah Ellie Aiboy menjebol gawang Persijap di menit 57, giliran Mbamba yang menyempurnakan kuatriknya untuk Arema dengan gol keempat yang dibuat di menit 79.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.