Mengenang Sinyo Aliandoe, Pelatih Pertama Arema

Mengenang Sinyo Aliandoe, Pelatih Pertama Arema

Sinyo Aliandoe bisa dibilang sebagai peletak pondasi karakter Singo Edan di tim Arema. Sebab, pelatih kelahiran Larantuka, Flores Timur, 1 Juli 1940 itu merupakan pelatih pertama Arema setelah didirikan pada 11 Agustus 1987.

Didapuk sebagai pelatih kepala Arema oleh sang pendiri, Acub Zaenal, Sinyo memimpin skuad Singo Edan di perhelatan Liga Sepak bola Utama (Galatama) 1987-1988. Selain karena reputasinya sebagai mantan pelatih Timnas Indonesia tahun 1980-an, namanya dirasa identik dengan Arema, karena pengucapan ‘Sinyo’ dan ‘Singo’ hampir mirip.

Sayangnya, di laga perdana, Arema kalah di kandang sendiri dari Perkesa Mataram (4/10/1987). Pelatih yang meninggal di Jakarta, 18 November 2015 itu gagal menyelamatkan Arema dari kekalahan tipis 0-1.

Rapor Sinyo bersama Arema di awal kompetisi pun tidak mengenakkan, di mana tak pernah menang di tujuh pekan pertama. Kemenangan pertama diraih Arema di pekan kedelapan setelah mengalahkan tamunya, Bandung Raya 2-0.

Meski telat panas di awal musim, Arema mampu tancap gas di putaran kedua, hingga pada akhirnya finish di posisi 6 dari 14 klub di klasemen akhir Galatama 1987-1988. Dari 26 laga, Arema mampu mengumpulkan 40 poin setelah memenangkan 10 laga, imbang 10 kali dan hanya kalah enam kali, dengan 33 gol dan 2o kali kebobolan.

Pasukan Pertama Sinyo Aliandoe di Arema

Sinyo Aliandoe punya sosok Donny Lattuperisa dan Iwan Darmawan di bawah mistar gawang. Sementara, di barisan pertahanan ada nama-nama seperti Hilal Lahji, Andhik, Jamrawi, Subchan Koja, Harry Subagjo, Nurdin Lubis, dan Kusnadi Kamaludin.

Di lini tengah disi oleh pemain-pemain seperti Mahdi Haris, Effendi Azis,
Puji Purnawan, Eri Kiswanto, Jonathan, dan Suganda. Selain itu, ada pemain-pemain dari Indonesia Timur, seperti Dominggus Nowenik, Johanes Geohera, Patra Katri, Sammy Betay, Theodorus Bitbit, Stepanus Korwa, Elly Rumbiak, dan Ferry Rumbayan.

Untuk sektor penyerangan, Sinyo memercayakannya pada sosok penyerang andalan Mecky Tata (yang mencetak enam gol),
Muchrim Akbar, dan Syeman Kadarusman.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.