Muhammad Ridhuan yang Tinggalkan Arema dengan Cara Menyakitkan

Muhammad Ridhuan yang Tinggalkan Arema dengan Cara Menyakitkan
Muhammad Ridhuan (C) ONGISNADE

Kehadiran Muhammad Ridhuan bin Mohammed di Arema sangan berkesan di mata Aremania. Namun, yang disesalkan, winger asing yang hari ini (6/5/2020) genap berusia 36 tahun itu adalah kepergiannya yang dengan cara menyakitkan.

Ridhuan didatangkan Arema bersama kompatriotnya, Noh Alam Shah di Indonesia Super League (ISL) 2009-2010. Di musim pertamanya, pemain kelahiran Singapura, 6 Mei 1984 itu mampu mencatatkan 33 penampilan (2778 menit) dan membawa Arema juara ISL 2009-2010.

Sempat akan hengkang ke tim bertabur bintang Sriwijaya FC, nyatanya Ridhuan balik kucing dan kembali berseragam Arema di ISL 2010-2011. Di musim keduanya ini, Ewan, sapaan akrabnya, membawa Arema menempati posisi runner-up.

Kemudian, gonjang-ganjing dualisme Arema dan kompetisi membawanya berlabuh ke Arema yang bermain di kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Pemilik jersey bernomor punggung 6 itu tampil bersama sejumlah bintang Arema lainnya, termasuk Roman Chmelo.

Kembalinya Muhammad Ridhuan Selamatkan Arema

Ridhuan kembali ke Arema yang tengah berjuang lolos dari zona degradasi di kompetisi ISL 2011-2012. Meski tanpa duet senegaranya, Noh Alam Shah yang ke Persib Bandung, kehadirannya sanggup menyelamatkan Arema musim itu.

Ridhuan di ISL 2011/12
Ridhuan di ISL 2011/12

Saat itu, Ridhuan kembali ke Arema bersama duo Kamerun, HermanDzumafo dan Alain N’Kong. Ada pula para pemain lokal seperti Kurnia Meiga, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Johan Farizi, dan Sunarto.

Arema akhirnya dibawanya finish di peringkat 12 di klasemen akhir ISL 2011-2012 dengan 38 poin, hasil dari 10 kemenangan, 8 imbang, dan 16 kekalahan. Ridhuan sendiri musim itu membukukan 15 penampilan (1177 menit) dengan kontribusi 4 gol.

Pergi dengan Alasan Tanpa Kontribusi

Saat gerbong Pelita Jaya bersama pelatih Rahmad Darmawan-nya masuk ke Arema, nama Ridhuan tetap direkomendasikan dikontrak mengisi slot pemain asing Asia. Namun, kariernya di Arema harus berakhir di tengah musim dengan alasan tanpa kontribusi.

Merujuk pada statistik memang cukup miris, di mana Ridhuan di tangan RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan hanya dimainkan lima kali (172 menit) di putaran pertama ISL 2013. Ewan pun terdepak dari Arema dengan status pinjaman ke Persisam Samarinda (sekarang Bali United).

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.