Garuda Select III, PSSI: Bukan Berarti Mereka Otomatis ke Timnas

Garuda Select III, PSSI: Bukan Berarti Mereka Otomatis ke Timnas
Indra Sjafri (Doc. PSSI)

PSSI tak menjamin 21 pemain yang terpilih dalam skuad Garuda Select III masuk ke Timnas Indonesia. Hal itu sampaikan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri terkait program Garuda Select Jilid III yang telah merampungkan tahap seleksi.

Tim yang dipimpin oleh Dennis Wise ini akan akan diberangkatkan ke Inggris pada 20 November mendatang. Di sana pemain terpilih ini akan menjalani program latihan selama enam bulan.

“Program latihan dibuat 100 persen oleh Dennis Wise cs di sana. Mereka akan latihan 6 bulan, semoga bisa kelak mereka bisa menjadi calon pemain timnas,” kata Indra Sjafri kepada wartawan.

“Tapi bukan berarti mereka otomatis akan masuk ke timnas. Buktinya, kemarin saja cuma David (Maulana), Bagas (Kaffa), Brylian (Aldama), atau Bagus (Kahfi) saja yang dipanggil (Timnas Indonesia U-19),” ujarnya menambahkan.

Meski begitu dikutip dari Detik Sport, sebenarnya ada banyak pemain menonjol dari Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia baik itu U-16 dan U-19. Pada perjalanannya, beberapa tersisih juga seperti Sutan Diego Zico hingga Fajar Fathur Rahman.

Tapi, ucapan Indra Sjafri tak sepenuhnya salah karena faktanya memang menunjukkan bahwa tak semua pemain Garuda Select dari edisi pertama dan kedua terpilih masuk ke Timnas Indonesia.

Misalnya Edgar Amping hingga Rafli Asrul yang belum pernah merasakan panggilan Timnas Indonesia kelompok usia meski bermain cukup baik bersama Garuda Select.

Indra Sjafri berharap program Garuda Select bisa bermanfaat semaksimal mungkin buat sepakbola Indonesia, terutama untuk menyumbang pemain ke Timnas Indonesia.

Ia memastikan akan berkomunikasi dengan tim pelatih Garuda Select agar perkembangan pemain bisa bermanfaat buat Timnas Indonesia.

“Sistem komunikasi kami (PSSI) adalah dari Mola TV ke Dirtek. Saya akan berusaha untuk berhubungan sebaik mungkin sehingga pemain-pemain di sana terpantau,” tutur Indra Sjafri.

21 Pemain Garuda Select III

1. Wahyu Agung Drajat Mulyono –Persebaya U-16
2. Hokky Caraka – PSS U1-6
3. Frezy Al-Hudaifi – Akademi Sepak Bola Tangsel Muda, Tangerang Selatan
4. I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra – Persebaya U-16
5. Muhammad Faqih Maulana – Tajimalela Sumedang
6. Noval Junior Iskandar – FASS Junior Bekasi
7. Krisna Sulistia Budianto – SSB Djarum Kudus
8. Adre Arido Geovani – Bina Taruna Jakarta
9. Ridwan Ansori – Persib Bandung U-16
10. Dustin Pratama Bramantio – Persela U-16
11. I Putu Dipa Yogi Arta- Bali United
12. Ridho Syuhada Putra – PSIS U-16
13. Daniel Naa – Bhayangkara U-16
14. Kakang Rudianto – Garuda Select II
15. Rafli Asrul – Garuda Select II
16. Fernando Pamungkas – Garuda Select II
17. Edgar Amping – Garuda Select II
18. Ibnu Murarak – Kalimantan Timur
19. I Gede Aditya Juli Antara – Persebaya U-16
20. Muhammad Faiz Maulana – Bina Taruna Jakarta
21. Roki – Gabsis Sambas Kalbar

Baca Juga: Dua Siswa Akademi Arema Tembus Garuda Select 3

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.