Kasus Kanjuruhan Disaster 2 Belum Tuntas, Lanjutan Liga 1 2022-2023 Bergulir 5 Desember

Kasus Kanjuruhan Disaster 2 belum juga tuntas, tapi kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia musim ini bakal segera dimainkan lagi. Kabar terbaru, lanjutan Liga 1 2022-2023 bergulir 5 Desember mendatang.

Sebelumnya, kompetisi yang terhenti sejak Kanjuruhan Disaster 2 itu sempat akan diputar kembali pada 2 Desember. Namun, izin keamanan dari kepolisian belum dikantongi saat itu.

Kepastian turunnya izin ini akhirnya disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus. Ucapan terima kasih disampaikannya kepada berbagai pihak yang sudah membantu mengupayakan hal ini.

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), atas kerjasamanya,” kata Ferry, dalam laman resmi PT LIB.

Lanjutan Liga 1 2022-2023 Digelar Terpusat dan Tanpa Penonton

Sesuai surat rekomendasi dari kepolisian, Ferry menegaskan, lanjutan Liga 1 2022-2023 akan digelar terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, seluruh pertandingan akan dihelat tanpa penonton.

“Lalu, putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember, pertandingan akan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” imbuhnya.

Ferry menambahkan, terkait aturan pengamanan laga Liga 1 2022-2023 terbaru juga akan diterapkan, yakni Perpol Nomor 10 Tahun 2022. Tujuannya tentu agar tragedi yang memakan korban jiwa tidak terulang kembali.

“Prosesnya panjang dan memang banyak hal harus dikomunikasikan, Mabes Polri sampai memastikan bahwa semuanya harus menyesuakan Perpol Nomor 10 Tahun 2022,” pungkasnya.

“Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manahemen pengamanandi lima stadion di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).”