Kejutan Hari Natal untuk PSSI, FIFA Menunda Piala Dunia U-20

Kejutan Hari Natal untuk PSSI, FIFA Menunda Piala Dunia U-20

FIFA memberikan kejutan hari Natal untuk PSSI. Otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu resmi menunda Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Indonesia pada tahun 2021.

Pengumuman penundaan itu disampaikan Dewan FIFA, Kamis (24/12/2020). Selain Piala Dunia U-20 2021 putra, FIFA juga menunda pelaksanaan Piala Dunia U-17 2021 di mana Peru yang terpilih menjadi tuan rumah.

Sesuai pernyataan di laman FIFA, penundaan gelaran dua turnamen internasional itu tak lain karena pandemi covid-19. Dalam pernyataan itu disebutkan pandemi Covid-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggaraan acara olahraga internasional dan berdampak pada pembatasan perjalanan internasional.

Sebelum memutuskan, FIFA sudah berkonsultasi dengan Asosiasi Anggota tuan rumah serta Konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen tersebut. Situasi global saat ini dinilai gagal untuk dinormalisasi, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

FIFA Menunda Piala Dunia U-20, Tanggapan Ketum PSSI?

Terkait penundaan ini, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan angkat suara. Pihaknya tetap mengapresiasi dan menghormati keputusan FIFA.

Menurutnya, kelancaran acara serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia adalah prioritas utama. Karenaanya, mau tak mau keputusan itu harus diterima dengan lapang dada.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021,” kata Iwan Bule, sapaan akrabnya dalam laman resmi PSSI.

“Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023.”

Piala Dunia U-20 Ditunda Pada Tahun 2021

Selain menunda pelaksanaan Piala Dunia U-20 dan U-17, FIFA juga mengumumkan, dua gelaran turnamen tersebut ditunda pada tahun 2023. Dengan adanya jaminan tetap menjadi tuan rumah, Iwan Bule berharap Timnas Indonesia bisa memanfaatkan waktu untuk mematangkan persiapan.

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023. Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” tandasnya.

Segera Laporan Internal

Terpisah, Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto menyatakan, akan tetap ada koordinasi antara FIFA dengan PSSI dan Local Organizing Committee (LOC) demi kelancaran Piala Dunia U-20 di tahun 2023. Langkah berikutnya, penundaan tersebut akan segera dilaporkan secara internal.

“Sesuai keputusan Biro Dewan FIFA, PSSI segera melapor kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, sembari menunggu surat resmi tentang pembatalan ini dari FIFA,” tutup IB, sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, PSSI mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Pihaknya berterimakasih kepada pemerintah Indonesia, khususnya Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan semua pihak yang telah mendukung persiapan ajang ini.

“PSSI dan LOC akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan INAFOC untuk memastikan semuanya berjalan lancar di tahun 2023,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua INAFOC ini.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.