RESMI: PSSI Bubarkan Liga 1 2020

- Advertisement -

Secara resmi PSSI bubarkan Liga 1 2020 setelah sempat tertunda hampir satu tahun lamanya sejak Maret 2020 lalu. Keputusan itu diambil dalam rapat komite eksekutif (Exco) PSSI, Rabu (20/1/2021).

Selain memutuskan lanjutan Liga 1 2020 tak bisa digelar pada Februari 2021 sesuai rencana karena force majeure (kahar), rapat Exco itu juga memutuskan beberapa hal. PSSI memutuskan Liga 1 2020 tak ada juara dan tidak ada klub yang didegradasi, yang berlaku pula untuk Liga 2.

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan menyebutkan, peserta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021 yang segera digelar adalah peserta kompetisi musim 2020. Lalu, kontrak pemain (termasuk pelatih) diatur oleh klub peserta, dan mengacu kepada aturan keadaan kahar dalam kontrak masing-masing klub.

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Mochammad Iriawan dalam laman resmi PSSI.

Sebelum PSSI Bubarkan Liga 1 2020, PT LIB Sudah Ada Komunikasi dengan Klub

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita mengatakan, keputusan Exco PSSI itu diambil setelah pihaknya melakukan komunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2. Komunikasi terakhir digelar secara virtual pada Jumat (15/1/2021).

”PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” imbuhnya.

Sementara, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menambahkan dalam virtual meeting itu, klub Liga 1 dan 2 rata-rata menginginkan kompetisi musim 2020 dibatalkan. Hasil itulah yang dipresentasikan dalam rapat Exco PSSI yang memutuskan kompetisi dibatalkan.

”Kesimpulannya klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya