Arema Menerima Laga Lawan Persebaya Pindah ke Blitar

Arema Sportif Menerima Laga Lawan Persebaya Pindah ke Blitar
Dendi Santoso (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema sportif menerima keputusan laga lawan Persebaya Surabaya di babak semifinal Piala Gubernur Jatim (Jawa Timur) 2020 dipindahkan ke Blitar. Laga itu ditunda sehari dan akan digelar di Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar.

Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang sedianya sudah ditunjuk Asprov PSSI Jatim selaku penyelenggara turnamen sebagai tuan rumah babak semifinal. Namun, setelah digelar rapat koordinasi di Mapolda Jatim, Minggu (16/2/2020), diputuskan dua laga semifinal digelar tanpa penonton, dan khusus laga Arema lawan Persebaya ditunda Selasa (18/2/2020), pukul 15.30 WIB.

Terkait keputusan ini, Media Officer Arema, Sudarmaji, menegaskan pihaknya sejak awal tidak mempersoalkan di manapun venue pertandingan. Menurutnya, saat Manager Meeting, semua klub peserta juga menerima apapun keputusan penyelenggara sebagai wujud sportifitas dalam sepakbola.

“Namun, ketika telah diputuskan, ternyata pengalaman pada tahun 2013 terulang lagi. Arema saat itu telah membuktikan sportif menerima keputusan bermain di Surabaya setelah final di Malang dibatalkan. Dari pengalaman itu, kami tidak ingin hal itu terulang lagi tahun ini. Justru kami mngharapkan awalnya agar apa yang dilakukan Arema saat itu bisa ditiru klub lain,” kata Sudarmaji.

Faktanya, Arema Paling Siap Menggelar Pertandingan

Sudarmaji mengungkap sebuah fakta, pada saat Manager Meeting semua klub peserta sudah ditawari Asprov PSSI Jatim untuk menjadi tuan rumah dan bersiap jika ditunjuk menggelar babak penyisihan, semifinal dan final. Namun, pada saat itu hanya Madura United dan Arema yang siap ditunjuk, dan semua peserta sportif menerimanya.

Pria asal Banyuwangi itu menegaskan, Arema menghormati keputusan apapun terkait hal ini. Namun, pihaknya juga berharap di kemudian hari hal-hal seperti ini tidak terulang lagi, karena sportifitas harus konsisten dan tetap terjaga.

“Apalagi ini terkait dengan imej Jawa Timur, sepak bola sejatinya adalah persaudaraan, dan menjadikan ini momentum untuk mewujudkannya. Kami meminta maaf kepada seluruh pecinta bola Jawa Timur yang telah menunggu laga ini, meskipun kini keputusannya justru laga semifinal digelar tanpa penonton,” imbuhnya.

Tetap Menggelar Laga Persija vs MU di Malang

Laga semifinal lainnya antara Persija Jakarta vs Madura United tetap digelar di Stadion Kanjuruhan, Senin (17/2/2020), pukul 19.00 WIB. Sudarmaji mewakili Panpel Arema menegaskan siap membantu dalam menjalankan laga tersebut, karena laga semifinal dan final akan dipegang langsung oleh Asprov PSSI Jatim.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Asprov PSSI Jatim yang sudah berjuang agar laga ini tetap terjaga, meskipun berat perjuangannya. Semoga sepakbola Jawa Timur tetap eksis dan berprestasi. Sejatinya, sepak bola itu bertanding di depan pendukungnya. Semoga ke depannya fans semua klub bersatu dan menjaga persaudaraan,” pungkasnya.