Arema Tak Masalah Liga 1 2020 Tak Dilanjutkan dengan Satu Syarat

Arema Tak Masalah Liga 1 2020 Tak Dilanjutkan dengan Satu Syarat
Ruddy Widodo (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema tak masalah Liga 1 2020 tak dilanjutkan alias dihentikan dan diganti dengan kompetisi musim baru. Namun, ada satu syarat yang mereka ajukan kepada PSSI sebagai federasi yang menaungi klub-klub peserta.

General Manager Arema, Ruddy Widodo pada dasarnya sudah pasrah kompetisi bakal digelar lagi atau tidak. Jika sesuai rencana, lanjutan Liga 1 2020 bakal diputar kembali pada Februari 2021.

Masalahnya, hingga awal Januari 2021 ini belum ada kabar kepastian izin dari Kepolisian Republik Indonesia. Bahkan, banyak yang mengusulkan sebaiknya kompetisi yang tertunda sejak Maret 2020 karena pandemi covid-19 itu dihentikan.

“Arema inginnya kompetisi terus berlanjut, artinya melanjutkan pekerjaan yang belum selesai, tentu dengan segala regulasi yang sudah disepakati. Sekarang kami sudah pasrah, kalau federasi menghendaki stop ya sudah. Namun, PSSI harus memikirkan impact hukumnya jika kompetisi ini dihentikan, jangan sampai ada pihak yang dirugikan,” kata Ruddy.

Jika Liga 1 2020 Tak Dilanjutkan, Begini Usul Arema

Jika PSSI memutuskan tak melanjutkan Liga 1 2020 dan mengganti dengan kompetisi baru, Ruddy Widodo berharap nasib klub dipikirkan. Menurutnya, jika hal itu terjadi, maka klub-klub peserta bakal menghadapi tuntutan hukum.

Pertama, potensi tuntutan hukum itu datang dari pelatih dan pemain, mengingat mereka terikat kontrak kerja yang jelas. Kedua, klub juga terancam dituntut oleh pihak sponsor.

“PSSI jangan sampai lepas tangan terkait hal ini. Makanya harus ada payung hukum yang mengatur status force majeure jika Liga 1 2020 dihentikan secara permanen. Klub jangan sampai menjadi korban,” imbuh pria asal Madiun itu.

Jika PSSI Menggelar Kompetisi Musim Baru

Ruddy Widodo menambahkan, Arema juga punya usulan jika Liga 1 digelar kembali dengan musim baru. Manajer berkaca mata itu menyinggung mengenai regulasi kompetisi.

“Kalau pilihannya membuka lembaran baru, misal dengan titel Liga 1 2021, maka regulasinya sebaiknya mengacu pada kompetisi sebelumnya. Misalnya soal kontrak pemain tetap 50 persen, pemain yang dipakai tetap yang didaftarkan kemarin, dan sebagainya,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.