Dari 3 Calon, Inilah Alasan Arema Pilih Javier Roca Sebagai Pelatih Kepala

Manajer Tim Arema, Ali Rifki menyebut ada tiga calon pelatih yang dikantongi manajemen klub. Namun, menurutnya, ada alasan khusus yang akhirnya membuat Arema pilih Javier Roca sebagai pelatih kepala dalam lanjutan Liga 1 2022-2023, Selasa (6/9/2022) sore.

Usai mendampingi Arema bermain di kandang Barito Putera di Pekan 8 (4/9/2022) lalu, Ali langsung terbang ke Jakarta. Manajer asal Pasuruan itu menemui ketiga calon pelatih Arema, termasuk Roca.

Dalam pertemuan terpisah itu, mereka membicarakan banyak hal. Salah satu yang ditanyakannya adalah visi dan misi si calon pelatih jika ditunjuk sebagai pelatih kepala Arema.

“Salah satunya saya tanya begini kepada Roca. Kamu tahu tidak tentang tuntutan suporter di Arema? Aremania itu menginginkan gaya main yang Malangan. Apa kamu bisa mewujudkannya?” kata Ali.

“Dia dengan lugas menjawab, ‘Siap, jiwa Malangan itu ada di jiwa saya. Saya bisa mewujudkannya, karena itu karakter saya. Dengan pemain yang ada, saya bisa mewujudkan gaya Malangan yang diinginkan Aremania’. Saya senang mendengarnya.”

Tak Butuh Waktu Lama Arema Pilih Javier Roca Sebagai Pelatih Kepala

Ali Rifki punya alasan khusus mengapa sat-set menunjuk Javier Roca sebagai pelatih kepala Arema. Tercatat, penunjukan itu hanya berselang sehari setelah Arema mengistirahatkan Eduardo Almeida kemarin.

Manager berusia 41 tahun itu menegaskan, penunjukan pelatih kepala anyar ini bukan soal cepat atau lambat. Menurutnya, sebelum memilih pelatih asal Chile itu, sudah ada pertimbangan yang matang yang dikomunikasikan bersama jajaran pimpinan dan direksi klub.

“Kami segera putuskan, karena kondisi tim yang ditinggal pelatih itu biasanya kurang maksimal. Makanya kami ambil langkah cepat dan tegas ini, demi memulihkan permainan dan hasil ke depannya,” imbuhnya.

“Jangan sampai tim ini bagai ayam yang kehilangan induknya. Kalau kami lama-lama memutuskan nanti salah, dibilang tidak sat-set. Sekarang kami sudah cepat ambil keputusan seharusnya didukung.”

Sebelumnya, manajemen Arema secara resmi memperkenalkan Javier Roca hari ini. BACA: Javier Roca diperkenalkan sebagai pelatih kepala Arema melalui Zoom kepada awak media.