Eduardo Almeida Awasi Pemain Arema Berlatih dengan Mata-mata

Pelatih Eduardo Almeida awasi pemain Arema berlatih dari jarak jauh. FX Yanuar sang video analis menjadi mata-matanya dalam mengawasi gerak-gerik penggawa Singo Edan.

Sejak Selasa (10/5/2022) lalu, Arema sudah menggelar sesi latihan perdana meski Almeida masih di kampung halamannya, Portugal. Johan Farizi dan kawan-kawan dijadwalkan berlatih setiap hari Senin sampai Sabtu.

Dalam setiap sesi latihan, Yanuar merekam setiap momen tentang materi latihan yang dikerjakan pemain. Nantinya, rekaman itu yang menjadi bahan laporannya kepada Almeida.

“Kalau komunikasinya setiap hari, bahkan setiap saat. Setelah latihan, saya biasanya bikin laporan, lalu saya sampaikan pada Coach Almeida. Latihannya bagaimana hari ini, kualitas latihan, intensitasnya bagaimana,” kata Yanuar.

Eduardo Almeida Awasi Pemain Arema Berlatih Menjalankan Program Darinya

FX Yanuar menegaskan, semua program latihan yang dijalani para pemain Arema merupakan program yang dibikin Eduardo Almeida. Program itu dibuat secara harian, yang diaplikasikan oleh para asisten pelatih Arema.

Dalam sesi latihan, Yanuar dibantu Kuncoro, Singgih Pitono, Siswantoro, hingga pelatih kiper Jarot Supriyadi. Mereka bahu-membahu memberikan masukan kepada Almeida melalui Yanuar.

“Setelah laporan diterima, untuk besoknya Coach Almeida bikin program lagi, programnya memang day by day. Untuk besoknya bikin latihan sesuai kondisi pemain yang saya laporkan hari ini. Saya kirim video latihan, dan report data,” imbuhnya.

Komunikasi Lewat WhatsApp

FX Yanuar berkomunikasi dengan Eduardo Almeida cuma bermodalkan media chatting WhatsApp. Jika diperlukan, kadang keduanya baru melakukan pembicaraan melalui telepon.

“Komunikasi lewat WA saja. Kendalanya, kadang beda waktu (Indonesia dan Portugal). Kalau waktunya pas, biasanya dia masih online. Kalau butuh penjelasan yang lebih detail ya biasanya saya telpon,” pungkasnya.

Menyatukan para pemain baru dengan para pemain lama menjadi tantangan tersendiri bagi tim pelatih Arema. BACA: Para pemain anyar Arema diklaim tidak mengalami masalah adaptasi dengan pemain lama.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.