Hidupi Stakeholder Sepakbola, Arema Ingin Kompetisi Dilanjutkan

Arema Usul Lanjutan Liga 1 2020 Dipusatkan di Jawa dan Bali
Oh In-kyun (C) DANI KRISTIAN

Arema FC sepakat kompetisi dilanjutkan tapi dengan catatan khusus. Demikian disampaikan Ruddy Widodo, Manager Arema FC usai mengikuti rapat daring bersama 17 klub lainnya bersama PSSI terkait nasib kompetisi hari ini

Catatan khusus Arema FC adalah jika kompetisi dilanjutkan maka perlu ketegasan terkait rasionalisasi subsidi dan renegoisasi kontrak pemain dan pelatih.

“Arema FC setuju dilanjutkan, meskipun semula kita minta dihentikan. Kita setuju karena pemerintah menjamin lewat kebijakan new normal, jika kita untuk melindungi banyak UMKM atau stake holder yang bergantung pada keberlangsungan sepakbola,’ ujarnya.

Tapi, lanjut Ruddy, harus ada konskuensi yang juga perlu kami sampaikan, karena pemasukan klub praktis tidak ada yakni memohon rasionalisasi subsidi atau hak komersil kepada klub, sebab dalam situasi new normal maka juga ada pembatasan jumlah penonton misalnya, ini berpengaruh pada pemasukan.

Karena itu, maka permohonan rasionalisasi hak komersial atau subsidi menjadi hal yang penting untuk diprioritaskan.

Kedua, karena kompetisi bergulir, maka perlu ada renegoisasi kontrak pelatih dan pemain. Langkah ini menjadi bagian penting terkait keberlanjutan kompetisi, termasuk memproteksi semua pihak, mulai dari klub, pelatih dan pemain.

“Kita mengajak semua pihak untuk rasional dgn kompetisi dilanjutkan, maka kita perlu duduk bersama dan menyesuaikan kondisi baik bagi klub dan stake holder lainnya, ” ujar Ruddy.

Ruddy menyampaikan pertemuan hari ini sifatnya menampung masukan dari klub terkait kompetisi, dan nanti akan dioutuskan setelah masa akhir penangana Covid 19 oleh pemerintah pada 29 Mei mendatang.