Kushedya Hari Yudo Ngeri Main Sepak Bola di Tengah Pandemi

Kushedya Hari Yudo Ngeri Main Sepak Bola di Tengah Pandemi
Kushedya Hari Yudo (C) DANI KRISTIAN

Kushedya Hari Yudo ngeri main sepak bola di tengah pandemi covid-19. Hanya saja, penyerang Arema itu tetap menyambut baik rencana bergulirnya kembali Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang.

Pemain yang akrab disapa Yudo itu mengaku sudah gatal kakinya ingin segera bermain bersama timnya di lanjutan Liga 1 2020. Namun, di hatinya masih ada kekhawatiran mengenai pandemi covid-19 yang angka pasien positifnya di Indonesia balum ada tanda-tanda menurun.

Meski demikian, keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) melanjutkan kompetisi, tetap diterimanya. Sebagai pesepak bola, menurutnya memang sebaiknya kompetisi dilanjutkan.

“Ngeri juga bermain (sepak bola) di tengah pandemi, karena kita kan kontak dengan pemain lain di lapangan. Ini membuat kami jadi pikir-pikir dekat-dekat dengan keluarga saat pulang ke rumah dari lapangan,” kata Yudo.

Yudo Ngeri Main Sepak Bola di Tengah Pandemi, Tapi Sudah Risiko

Yudo menyadari pesepak bola sepertinya berpotensi tertular covid-19 saat bermain di lapangan. Hanya saja, menurutnya itu sudah risiko bagi setiap orang di masa sekarang ini.

Yang bisa dilakukannya sebagai seniman lapangan hijau adalah menjaga diri dari segala kemungkinan terburuk. Salah satunya dengan meminimalisir kontak fisik dengan pemain lain saat bermain sepak bola di lapangan.

“Tidak mungkin juga tidak kontak fisik saat bermain bola, termasuk saat melakukan selebrasi gol, pasti otomatis bersentuhan, itu refleks. Kita bermain sepak bola saat berebut juga bersentuhan, tidak mungkin menjaga jarak satu meter. Namun, kontak fisik itu kita minimalisir,” imbuhnya.

Selain Menjaga Diri, Yudo Siapkan Antisipasi untuk Keluarga

Selain berisiko tertular, pesepak bola pun berpotensi menularkan covid-19 terhadap keluarga di rumah. Demi mencegah hal itu terjadi, Yudo pun mengaku sudah menyiapkan sejumlah antisipasinya, termasuk berusaha selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Pokoknya setelah beraktivitas di luar rumah, misal bermain sepak bola, sampai rumah baju kotor langsung dicuci, lalu mandi yang bersih,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.