Pengganti Ali Rifki, Aremania Bisa Menjadi Manager Tim Arema

Kursi Manager Arema di Liga 1 2021-2022 sedang kosong setelah Mohammad Ali Rifki mundur. Dari hasil diskusi internal manajemen klub, ada wacana Aremania bisa menjadi manager tim Arema kelak.

Ali yang ditunjuk sebagai Manager Ad Interim sebagai pengganti sementara Ruddy Widodo sejak Oktober 2021 lalu mengundurkan diri, Senin (21/3/2022). Meski dinilai krusial, hingga hari ini, manajemen Arema belum memutuskan siapa penggantinya.

Ada opsi menyerahkan jabatan manajer pada pelatih, seperti di klub-klub Eropa dengan jabatan Manager-Coach-nya. Namun, opsi yang tak kalah menariknya menjadikan Aremania sebagai manajer tim.

“Diskusi tentang itu (Manager Coach) akan menarik sebab kompetisi depan tantangannya makin kompetitif dan kita akan sambut kompetisi kembali dengan euphoria penonton,” kata Sudarmaji dalam rilis yang diterima WEAREMANIA.

“Mungkin saja ada wacana representasi fans bisa turut duduk di jajaran official untuk membantu komunikasi sekaligus bersama membangun kekuatan untuk tujuan prestasi.”

Aremania Bisa Menjadi Manager Tim Arema, Tergantung Apa Programnya

Sudarmaji menyebut figur manajer tim itu sangat penting bagi Arema. Makanya, ketika jabatan itu diserahkan kepada Aremania, menurutnya yang penting bukanlah siapa yang menjadi manajer, tapi apa programnya.

Seandainya wacana itu benar-benar terwujud, hal itu akan menjadi sebuah terobosan bagi Arema. Terlebih, Arema memiliki pendukung fanatik seperti Aremania yang selalu memberikan kritik konstruktif pada tim kesayangan.

Namun, wacana itu paling cepat baru bisa dilakukan musim depan karena Liga 1 2021-2022 tinggal menyisakan dua pertandingan saja. Menurutnya, waktu dua laga terlalu cepat untuk menggodok wacana ini.

“Wacana yang dilempar ke publik tentang siapa yang pantas duduk sebagai manajer, akan lebih menarik jika kita berdiskusi secara edukatif,” imbuhnya.

“Bukan tentang siapa manajernya, tapi apa program ke depan yang bisa diemban manajer untuk bersama-sama official dan tim serta fans untuk membawa Arema berprestasi, juga wacana modern tentang posisi manager coach.”

Nama Ruddy Widodo dan Ali Rifki Tetap Tercantum

Sudarmaji menjelaskan, untuk sementara di dua laga terakhir Liga 1 2021-2022, yang tercantum di Daftar Susunan Pemain tiap Arema berlaga tidak berubah. Nama Ruddy Widodo masih General Manager, dan Ali Rifki tetap Manager, karena mereka yang terdaftar di PT Liga Indonesia Baru.

“Posisi itu sampai akhir liga akan tetap demikian sesuai dengan pendaftaran yang sudah dilakukan sebelumnya,” pungkasnya.

Ali Rifki sudah mengajukan diri untuk mundur sebagai Manager Ad Interim Arema. BACA: Inilah respons direksi klub usai pengunduran diri Ali Rifki.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.