Punya Lisensi AFC Pro, Gethuk Tak Malu Jadi Dirtek Akademi Arema

Joko Susilo ditunjuk Presiden Klub Arema, Gilang Pramana menjadi Direktur Teknik Akademi Arema mulai Kamis (20/1/2022). Pelatih yang akrab disapa Gethuk itu mengaku tak malu jadi Dirtek Akademi Arema.

Baginya, penunjukan sebagai Dirtek Akademi Arema itu adalah amanah. Pria asli Cepu itu mengucapkan terimakasih kepada Gilang dan manajemen Arema atas kepercayaan yang diberikan.

Gethuk menyadari, tugas yang diembannya ini tidaklah mudah dan menjadi tanggung jawab besar yang dipikulnya. Karenanya, diharapkan semua pihak memberikan dukungannya agar langkahnya bisa lebih mudah.

“Ini amanah ini tugas. Saya pribadi, jujur berdiri di dua sisi. Di satu sisi saya ingin menjadi panglima perang (pelatih). Suasana itu tidak bisa saya dapatkan jika ada di Akademi Arema. Tapi, di sisi lain, saya juga ingin berbagi pengetahuan saya untuk level pengembangan usia dini,” kata Gethuk kepada WEAREMANIA.

Tak Malu Jadi Dirtek Akademi Arema karena Berkaca pada Jepang

Gethuk menambahkan, ada alasan lain yang melatarbelakangi keputusannya mau ‘menurunkan level’ mengambil pekerjaan sebagai Dirtek Akademi Arema. Pelatih berusia 51 tahun itu berkaca pada pembinaan usia dini di Jepang dan tim-tim Eropa.

Ada rasa prihatin di benaknya melihat pembinaan usia dini di Akademi Arema dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak ditinggalkannya. Sekadar informasi, Gethuk bersama sejumlah legenda Arema lainnya terlibat di pembinaan usia dini Arema sejak tahun 2004 ketika masih dipegang PT Bentoel.

“Yang saya lihat sekarang, siapa sih pelatih (dengan lisensi) AFC Pro yang mau turun tangan ke level akademi? Padahal, kalau kita lihat Jepang, dan tim-tim Eropa, justru yang pegang Akademinya rata-rata pelatih A Pro. Kenapa kita tidak berani?” imbuhnya.

Tidak Fokus ke Satu Tim Saja

Gethuk menegaskan, nantinya tugasnya di Akademi Arema tidak akan fokus ke satu tim saja. Eks pelatih Persik Kediri itu akan membawahi pelatih-pelatih Arema U-14. U-16, U-18, dan U-20.

“Tentunya, kita akan memperbaiki semuanya, karena kita tidak cuma fokus menangani satu tim saja,” pungkas mantan penyerang Arema era Galatama itu.

Presiden Klub Arema, Gilang Pramana tidak asal tunjuk Gethuk menjadi Direktur Teknik Arema. BACA: Inilah beberapa pertimbangan Gilang Pramana memilih Joko Susilo sebagai Dirtek Akademi Arema.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.