Sempat Divonis Cedera Panjang, Kushedya Hari Yudo Sudah Berlatih Normal

Kushedya Hari Yudo sudah berlatih normal dalam sesi latihan perdana Arema di Lapangan Universitas Brawijaya, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Senin (10/5/2022) pagi. Padahal, penyerang Arema itu sempat divonis cedera panjang.

Vonis cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) disampaikan Dokter tim Arema, dokter Nanang Tri Wahyudi pada awal Maret lalu. Saat itu, Yudo diharuskan menjalani operasi lutut dan absen sampai sembilan bulan.

Namun, selang dua bulan, pemain asli Kabupaten Malang itu sudah bisa berlatih bersama tim secara normal. Hanya saja, dokter Nanang memastikan kondisinya masih belum 100 persen.

“Yudo kemarin memilih opsi untuk tidak menjalani operasi. Kami belum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, sekarang dia sudah bisa latihan normal. Kondisi fisiknya masih progres, terus dilakukan peningkatan. Kalau prosentase kondisinya sekitar 70 persen,” kata dokter Nanang.

Kushedya Hari Yudo Sudah Berlatih Normal, Tapi Tak Boleh Lengah

Dokter Nanang mewanti-wanti agar Yudo jangan sampai lengah terkait cedera ACL-nya itu. Sebab, risiko kambuh masih sangat terbuka jika tidak menjalankan tritmen tambahan di luar latihan rutin bersama tim.

Menurut dokter alumni Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta itu, penguatan terhadap lutut penting terus dilakukan Yudo. Hal itu dilakukan demi meminimalisir risiko cedera yang bisa saja kambuh sewaktu-waktu.

“Harapannya kondisinya terus meningkat, sehingga meminimalisir cedera kambuh. Risiko cedera ulang memang ada, makanya kita tekankan kepada dia agar tidak boleh lengah. Proses penguatan di sekitar lutut juga harus maksimal. Dua bulan terakhir terapi khusus sudah dijalaninya,” pungkasnya.

Selain Yudo, masih ada beberapa nama pemain yang sudah gabung latihan perdana Arema pagi tadi. BACA: Inilah daftar pemain Arema yang masih absen dalam sesi latihan perdana pagi tadi.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.