Trik GM Arema Mempertahankan Performa Apik Timnya

General Manager Arema Incar Pemain Timnas Indonesia U-23
General Manager Arema Incar Pemain Timnas Indonesia U-23

Ruddy Widodo ingin sekali mempertahankan performa apik timnya jelang menantang tuan rumah Kalteng Putra di pekan ke-13 Liga 1 2019, Rabu (7/8/2019) malam. General Manager Arema FC itu punya trik tersendiri mengenai hal ini.

Pria asal Madiun itu menilai mempertahankan apa yang sudah diraih tidak semudah meraihnya. Dibutuhkan konsistensi di setiap pertandingan.

Menurutnya, cara terbaik memotivasi pemain agar terus mempertahankan performa apik di lapangan bukanlah dengan bonus. Soal bonus, menurutnya justru Arema hanya menjadikannya sebagai sampingan.

“Soal bonus ini pemain sudah tahu, menang di kandang dapat berapa, menang di luar kandang dapat berapa, selalu kami bayarkan tepat waktu, tapi bukan itu saja kuncinya,” kata Ruddy.

Jaga Suasana Tim

Cara terbaik mempertahankan tren positif menurutnya adalah dengan menjaga suasana tim tetap harmonis. Dengan suasana yang harmonis, maka skuat Singo Edan sudah selangkah di depan untuk maraih target kemenangan di tiap laga.

Hal itu bahkan sudah mereka buktikan bersama di Piala Presiden 2019. Meski tertatih di awal turnamen, akhirnya setelah mengembalikan harmonisnya suasana tim gelar juara pun didapat.

“Makanya, suasana ceria di tim ini harus selalu dipelihara, itu kuncinya, kami beranggapan siapa pun ketika hatinya sedang ceria dan berbunga-bunga, bermain sepak bola pun tanpa beban,” imbuh manajer berkacamata itu.

Mengerti Kemauan Pemain

Sejauh ini, dalam tujuh laga terakhir, Arema mencatatkan tren positif. Hamka Hamzah dan kawan-kawan memenangi lima laga, sekali seri dan sekali kalah.

“Selain ketepatan membayarkan bonus kemenangan, kami juga mencoba mengerti apa kemauan para pemain, contoh kecil mereka mau menginap di hotel mana saat laga away, kami kembalikan ke pemain, karena mereka yang menjalani,” tuntasnya.