16 Januari adalah Hari Kemerdekaan Aremania

16 Januari adalah Hari Kemerdekaan Aremania

Hari Kemerdekaan Aremania diperingati setiap 16 Januari. Untuk pertama kalinya, peringatan itu digelar pada 16 Januari 2010 di Alun-alun Kota Malang.

Kala itu, digelarlah upacara untuk memeringati hari bersejarah terbebasnya Aremania dari sanksi Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Aremania selesai menjalani sanksi selama dua tahun tak boleh mengenakan atribut di seluruh stadion di Indonesia.

Seperti diketahui, sanksi itu dijatuhkan akibat tragedi Kediri Obong, 16 Januari 2008. Kala itu, Aremania kedapatan membakar Stadion Brawijaya Kediri, kandang Persik.

Kericuhan meletus setelah Aremania merasa Arema dicurangi wasit Djadjat Sudradjat pada laga babak 8 besar Liga Indonesia 2007-2008 melawan Persiwa Wamena. Dua gol sah penyerang Arema, Emile Mbamba ke gawang lawan dianulir dengan alasan offside.

Upacara Proklamasi Hari Kemerdekaan Aremania

Untuk memeringati kemerdekaannya dari sanksi PSSI, Aremania menggelar upacara di Alun-alun Kota Malang, Sabtu (16/1/2010), pukul 07.30 WIB. Yuli Sumpil sang dirigen Aremania menjadi komandan upacara, sekaligus yang membacakan teks “Proklamasi Kemerdekaan Aremania”.

Menariknya, upacara sederhana ini turut ‘dihadiri’ pejabat teras PSSI, seperti Ketua Umum PSSI Nurdin Halid yang ternyata diperankan Aremania bernama Faisal dari kampus UMM. Selain itu, ada sejumlah pejabat PSSI ‘jadi-jadian’ lainnya, seperti Sekjen PSSI Noegraha Besoes, Ketua Komdis Hinca Pandjaitan, dan CEO PT. Liga Indonesia Joko Driyono.

Setelah pembacaan teks Pancasila dan sambutan Ketum PSSI KW3, dilakukan penyerahan atribut Aremania secara simbolis kepada Yuli Sumpil. Hal itu sekaligus menandai bebasnya Aremania dari sanksi Komdis.

Aremania Tak Cuma Menggelar Upacara Proklamasi Kemerdekaan

Aremania tak cuma menggelar upacara proklamasi kemerdekaan dari sanksi PSSI. Ribuan Aremania juga turut melakukan konvoi keliling kota, bak merayakan Hari Ulang Tahun tiap 11 Agustus.

Selain itu, digelarlah nonton bareng pertandingan Arema melawan Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 di empat titik. Sayangnya, perayaan itu kurang lengkap lantaran Arema gagal membawa pulang tiga poin dari kandang lawan usai kalah 0-2.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.