Sosok Aremania di Balik Akun Krewol Kartun

Sosok Aremania di Balik Akun Krewol Kartun

Karya akun Krewol Kartun berupa gambar kartun atau karikatur kerap mewarnai timeline Instagram. Ternyata ada sosok Aremania bernama Singgih Aji Firmansyah yang ada di balik kreasi akun tersebut.

Nama akun itu berasal dari nama panggilan Singgih, yakni Krewol. Ya, berkat tuntunan sang kakak yang turut andil, lulusan SMK Negeri 2 Singosari jurusan Multimedia itu mendirikan akun tersebut sejak 30 November 2015, dan mengoperasikannya sendiri hingga kini.

Awalnya, pemuda kelahiran Malang, 20 Agustus 1993 itu kepikiran membuat akun Krewol saat merantau ke Jakarta pada tahun 2015. Jauh dari Malang tak mengurangi dukungannya pada Arema.

“Kalau jago sih tidak, tapi cuma passion, bagaimana bisa tetap mendukung Arema dengan cara saya. Sebab, saya tidak bisa nonton ke stadion, mengingat sejak lulus sekolah saya kerja di Jakarta. Di perantauan selalu kangen Malang. Membuat gambar di Krewol saya bisa berinteraksi dengan follower dan teman. Rasanya sedikit mengobati kangen terhadap Malang,” kata Singgih kepada WEAREMANIA.

Kesulitan Mengelola Krewol Kartun

Meski berlatar belakang siswa jurusan Multimedia dan bekerja di bidang bisnis design di Jakarta, Singgih mengaku masih punya kesulita dalam pengoperasian akun Krewol Kartun. Kesulitan itu berusaha dipecahkannya bersama sang kakak yang juga designer grafis.

Menurutnya, yang paling sulit dari pembuatan gambar karikatur ini adalah mencari konsepnya. Inspirasi biasanya dicarinya dari sejumlah komikus/ilustrator dalam dan luar negeri yang lebih jago, salah satunya Micecartoon yang dikagumi style-nya yang mengglitik dan Indonesia banget.

“Saya pakai program Adobe Illustrator. Paling cepat bikin gambar tiga jam, sedangkan paling lama bisa sampai satu bulan, tergantung tingkat kesulitannya. Yang saya unggah di Instagram biasanya selesai dalam delapan jam. Yang lama itu mikir konsepnya,” imbuhnya.

Rencana Terdekat Singgih Aji Firmansyah

Dalam waktu dekat, Singgih berencana mengembangkan akun Krewol Kartunnya menjadi bukan cuma berisi konten gambar karikatur, tapi juga animasi. Sebenarnya, hal itu sudah diujicobakannya pada beberapa unggahan di Instagram.

“Saya juga ingin memperluas tujuan, inginnya memperkenalkan Malang dan segala keunikannya kepada masyarakat luas. Kalau Youtuber kan ada Mas Bayu Skak, lha kalau animasi kartun ya Krewol, begitu. Ingin membuat kartun Malangan yang mengandung mbois. Target terdekat bikin konten Youtube animasi Krewol dulu, karenanya saya akan membentuk tim,” pungkasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.