Autopsi Jenazah Korban Kanjuruhan Disaster 2 Akan Dilakukan Polisi

- Advertisement -

Autopsi terhadap jenazah korban Kanjuruhan Disaster 2 akan dilakukan tim penyidik Mabes Polri untuk mencari penyebab kematiannya. Hal ini dibenarkan oleh Kabiddokkes Polda Jawa Timur, Kombes Pol dr. H. Erwin Zainul Hakim.

Rencananya, autopsi akan dilakukan pekan depan, Kamis (20/10/2022). Kabarnya, sudah ada dua keluarga korban yang setuju, bersedia, dan bersepakat untuk menjalani proses autopsi ini.

Karenanya, Polri akan bekerja sama dengan PDFI (Persatuan Dokter Forensik Indonesia) untuk menunjuk siapa dokter pelaksana autopsi tersebut. Langkah selanjutnya, Polri juga akan memastikan kembali kepada keluarga kedua korban.

“Autopsinya disebut dengan eksomasi, di mana makamnya digali, lalu jenazah langsung diperiksa di tempat. Kalau tidak salah pelaksanaannya 20 Oktober atau Kamis depan,” kata Erwin.

Apakah Cukup 2 Korban Kanjuruhan Disaster 2 yang Diautopsi?

Erwin menyebut, sementara ini hanya dua korban yang akan diautopsi dengan tujuan mencari tahu kebenaran penyebab korban meninggal. Jumlah yang diautopsi bisa saja bertambah, tergantung perintah tim penyidik Polri.

Selain kedua korban itu, sebenarnya tim penyidik sudah mendapatkan hasil autopsi klinis dari korban meninggal ke-132 atas nama Helen Prisela. Erwin menyebutnya sebagai autopsi klinis.

“Autopsi klinis itu proses sejak dia masuk, sakit, sampai dia meninggal. Rekam mediknya, bahkan MRI, CT scannya kan ada. Itu sudah bisa dibuat (ambil kesimpulan) penyebab kematian, tanpa dilakukan autopsi pada kasus yang meninggal tadi,” imbuhnya.

Memeriksa Korban yang Masih Hidup

Erwin menjelaskan, untuk korban yang masih hidup, semua rekam catatan lukanya ada, tinggal dikonfirmasi ulang. Mereka bisa saja dimintai keterangan berdasarkan luka-lukanya.

“Kalau memang diperlukan, kami akan mengumpulkan semua rekam medik yang ada saat nanti dibutuhkan untuk proses berikutnya,” tandasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya