Banyak Klub Liga 1 Pakai Jasa Kiper Asing, Mantan Pelatih Kiper Arema: Bagus

- Advertisement -

Banyak klub Liga 1 pakai jasa kiper asing di Liga 1 musim lalu dan berpeluang bertambah pada Liga 1 2024-2025. Mantan Pelatih Kiper Arema, Felipe Americo menilai ini sebagai fenomena bagus.

Musim lalu, setidaknya ada enam klub yang mengontrak kiper asing. Arema yang tiga musim terakhir memberdayakan kiper asing, mendatangkan Julian Schwarzer Garcia dari Filipina untuk menggantikan Adilson Maringa yang pindah ke Bali United.

Selain Arema dan Bali United, empat klub lainnya turut meramaikan fenomena kiper asing ini. Dewa United merekrut Sonny Stevens yang sukses menjadi top save Liga 1 2023-2024.

Bahkan, dua finalis Liga 1 2023-2024 gawangnya dijaga kiper asing, yakni Lucas Frigeri di Madura United, dan Kevin Ray Mendoza yang mengangkat trofi juara bersama Persib Bandung. Terakhir ada nama kiper Filipina, Anthony Pinthus di tim PSS Sleman.

“Saya pikir, segala sesuatu dalam hidup memiliki faktor positif dan negatif. Hidup itu penuh pilihan, bagian negatifnya perlu diatasi dan kita berusaha fokus pada bagian positifnya agar kita selalu berkembang,” kata Felipe kepada WEAREMANIA.

Banyak Klub Liga 1 Pakai Jasa Kiper Asing, Kiper Lokal Bisa Belajar

Felipe menegaskan, dengan banyaknya penjaga gawang asing di klub-klub Liga 1, maka akan membawa dampak positif bagi kiper-kiper lokal. Menurut pelatih asal Brasil itu, kiper-kiper lokal bisa banyak belajar dari kiper-kiper asing dan sebaliknya.

“Pemain asing yang memiliki peluang internasional tingkat tinggi dapat membawa banyak pengalaman di dalam dan luar lapangan,” imbuh mantan Pelatih Kiper Botafogo tersebut.

“Aspek perilaku di bagian taktis, fisik, teknis. Kita selalu bisa belajar. Saya juga ikut serta dalam pembelajaran ini,” imbuhnya.”

Peluang Untuk Bermain Sama

Felipe menambahkan, meski sebuah tim punya kiper asing, belum tentu dia akan mudah mendapatkan tempat di skuad utama. Pasalnya, eluang untuk bermain dengan kiper lokal sama saja.

“Penjaga gawang lokal juga sangat bagus. Tim mungkin memiliki kiper asing, tapi saya yakin kehidupan mereka tidak akan mudah di sini. Mereka harus bekerja keras untuk bisa datang ke Indonesia. Tanpa itu, dia gak akan bermain bagus, karena kiper lokal memiliki standar yang sangat tinggi,” tandasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya