Pandangan Pelatih Arema Tentang Keuntungan Bermain di Half-Space

- Advertisement -

Pelatih Arema, Fernando Valente mengatakan sepak bola modern tak bisa lepas dari pemanfaatan ruang-ruang strategis bernama half-space. Pandangannya pun cukup paham tentang keuntungan bermain di half-space tersebut.

Bagi pelatih asal Portugal itu, half-space adalah ruangan strategis di mana pemainnya bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan. Ketika bermain di halfspace, pemainnya berada dekat dengan sentral permainan, tapi juga bisa melebar ke sisi lapangan.

Selain itu, ada keuntungan lain bagi tim yang menyerang dengan memanfaatkan celah sempit bernama half-space tersebut. Menurutnya, berada di half-space berarti timnya lebih dekat dengan gawang lawan, tapi tetap bisa menjaga keseimbangan.

“Konsep kita adalah bagaimana selalu mendapat posisi bagus di sekitar bola. Ketika menyusun permainan, kami selalu berusaha memberi pilihan kepada pemain yang memegang bola dengan beragam jalur umpan, karena dekat dengan gawang lawan,” kata Fernando.

Bermain di Half-Space Bikin Lawan Bingung

Fernando Valente menegaskan, bermain di half-space akan berpotensi membuat lawan kebingungan. Terlebih pelatih lawan yang tak memiliki kontra-strategi untuk mengatasi permainan strategis tersebut.

“Half-space merupakan ruang yang paling menguntungkan. Ruang half-space membat lawan kebingungan, karena ada di tengah,” imbuh pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

“Jadi, saya rasa, tim yang lebih paham soal ruang ini, bisa menciptakan lebih banyak masalah bagi tim lawan.”

Pemahaman Pemain Arema Tentang Permainan Half-Space

Fernando Valente mengungkapkan tingkat pemahaman para penggawa Arema tentang permainan half-space ini berbeda-beda. Namun, yang ditekankannya, ruang strategis itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh timnya untuk bisa mencetak gol.

“Ini adalah proses yang kita jalani. Namun, ketika dalam permainan saya coba menunjukkan kepada pemain saya, bahwa ini ada ruang di situ. Tinggal bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan ruang tersebut. Ini sebabnya kita perlu waktu untuk memahami konsepnya,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya