Pelatih Fisik Arema Beberkan Sejumlah Perubahan yang Terjadi Saat Bulan Puasa

- Advertisement -

Pelatih Fisik Arema, Gaselly Jun Panam beberkan sejumlah perubahan yang terjadi saat bulan puasa tiba. Apalagi, mereka tetap harus menjalani pertandingan dalam lanjutan Liga 1 2023-2024 di bulan Ramadhan kali ini.

Di bulan suci ini, tim pelatih Arema mencoba mengubah jam latihan, yang tadinya pukul 15.00 WIB menjadi pukul 16.00 WIB. Bahkan, di beberapa kesempatan, Skuad Singo Edan melakoni sesi latihan malam hari setelah berbuka puasa.

Gaselly tak memungkiri kondisi pemain Arema sudah pasti ada perubahan. Pasalnya, ada perubahan metabolisme tubuh saat menjalankan ibadah puasa dari waktu imsak hingga maghrib tiba.

“Ketika harus sahur dan berpuasa, khususnya yang muslim, perubahan kondisi (fisik) itu pasti ada, karena jam makannya berbeda, jam istirahatnya juga berbeda,” kata Gaselly.

“Akhirnya kita siasati, ada perbedaan itu pasti, terutama dari jam latihan, serta volume dan intensitas latihan yang kita sesuaikan dengan kondisi pemain saat di lapangan.”

Menjaga Kondisi Tubuh Untuk Menghadapi Sejumlah Perubahan yang Terjadi Saat Bulan Puasa

Gaselly menekankan, menjaga kondisi tubuh merupakan hal penting yang harus dilakukan para penggawa Arema untuk menghadapi perubahan-perubahan di bulan puasa itu. Namun, pelatih berusia 37 tahun itu percaya penuh kepada para pemain.

“Untuk perihal menjaga kondisi, pemain-pemain sudah profesional, sudah tahu apa yang harus dikonsumsi, khususnya yang musilm, saat berbuka, saat santap sahur. Mereka pasti sudah tahu, kebutuhan mineralnya, vitaminnya, dan lain-lain, mereka sudah tahu,” imbuhnya.

“Kita hanya mengingatkan mereka, jangan sampai kekurangan air, dehidrasi. Makanya harus banyak minum air, mengonsumsi buah, sayur, dan kurangi makanan bersantan dan pedas.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya