Sebelum Jadi Juara Liga 1 2023-2024, Nasib Persib Bandung Sama Dengan Arema

- Advertisement -

Sebelum menjadi juara Liga 1 2023-2024, nasib Persib Bandung sama dengan Arema. Kedua tim sama-sama tertatih di awal musim dan melakukan pergantian pelatih di tengah jalan.

Bersama Luis Miilla, Persib menjalani empat laga awal musim tanpa kemenangan. Maung Bandung meraih tiga kali imbang dan sekali kalah, sebelum akhirnya mengalahkan Persik Kediri di Pekan 5.

Manajemen Persib yang tak puas, mengganti Milla dengan Bojan Hodak yang sebelumnya pernah melatih PSM Makassar. Debut pelatih asal Belanda itu berakhir dengan skor imbang 0-0 saat Persib menjamu Bali United.

Namun, setelah itu, Persib mencatatkan 14 laga beruntun tanpa kekalahan. Lambat laun, Bojan mampu membawa Persib lolos ke babak championship series sebagai runner up, menyingkirkan Bali United di semifinal dan Madura United di final.

Asisten Pelatih Arema, Kuncoro, mengakui pada awal kompetisi, timnya sempat agak kacau, hingga baru meraih kemenangan di Pekan 10. Kemenangan itu diraih usai mengganti pelatih dari I Putu Gede/Joko Susilo kepada Fernando Valente.

“Persib kan awalnya juga sulit menang. Ketika bisa menang, lalu mereka menang-menang terus, posisinya di klasemen naik terus. Bedanya dengan Arema, kita terus kesulitan menang karena banyak pemain cedera, permainan gak ketemu-ketemu,” kata Kuncoro kepada WEAREMANIA.

Perjalanan di Liga 1 2023-2024 Jadi Pelajaran Berharga

Kuncoro menegaskan, perjalanan Arema di Liga 1 2023-2024 lalu menjadi pelajaran berharga. Apalagi Arema cuma finish di peringkat 15, satu strip di atas zona degradasi.

“Kita hampir terdegradasi, tentu itu pengalaman yang sangat berharga. Ke depannya jangan sampai begitu lagi. Bersyukur kita masih diselamatkan Gusti Allah setelah melakukan berbagai usaha dan doa,” imbuh pelatih asli Malang ini.

“Itu jadi pelajaran buat kita musim depan. Kalau bisa, sejak awal kita langsung tancap gas. Jangan sampai kita gagal ambil poin, yang akan berpengaruh ke mental pemain, sehingga kita sulit menang.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya