Stadion Kanjuruhan Direnovasi Pasca Kanjuruhan Disaster 2, Minimal Seperti Stadion Manahan

- Advertisement -

Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang bakal direnovasi total pasca Kanjuruhan Disaster 2. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, kandang Arema ini akan dibikin minimal seperti Stadion Manahan, Solo.

Tragedi itu terjadi usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022) malam. 132 korban jiwa dan ratusan lainnya luka-luka disebabkan kepanikan setelah ada tembakan gas air mata ke arah tribune, dan kedapatan ada pintu yang diklaim terkunci saat kejadian.

Sebelumnya, Basuki sudah memaparkan tujuh rekomendasi apa saja yang harus diubah dan ditambah dalam proses renovasi Stadion Kanjuruhan. Penambahan atap dan tempat duduk masuk dalam rencana renovasi tersebut.

“Semua tribune diperbaiki sesuai dengan tujuh rekomendasi yang sudah kami paparkan. Nanti stadion ini akan ada payung (atap)-nya, posisinya melingkar, minimal seperti Stadion Manahan,” kata Basuki.

Desain Stadion Kanjuruhan Anyar Pasca Kanjuruhan Disaster 2 Segera Digarap

Basuki menambahkan, desain Stadion Kanjuruhan yang anyar bakal segera digarap. Minimal butuh waktu tiga sampai empat bulan ke depan sebelum proses renovasi dijalankan mulai tahun 2023.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan langsung untuk membenahi seluruh stadion yang dipakai untuk Liga 1 hingga Liga 3. Stadion Kanjuruhan menjadi super prioritas perintah tersebut.

“Desainnya mudah-mudahan tiga sampai empat bulan selesai, tahun 2023 akan kita mulai renovasinya, mudah-mudahan dalam setahun selesai. Renovasi ini dilakukan supaya stadion ini bisa dipakai lagi, dan menghilangkan jejak kelam tragedi yang terjadi. Kita bangunkan monumen juga untuk mengenang para korban,” imbuhnya.

Dana Renovasi Stadion Kanjuruhan Dari APBN

Basuki menegaskan, biaya renovasi Stadion Kanjuruhan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Namun, untuk nominalnya belum bisa disebutkan.

“Nominalnya itu kita belum tahu kan harus menunggu desainnya dulu. Kalau biayanya berasal dari APBN, karena perintah dari Presiden,” pungkasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya