Tamales Ngalu Nuhat, Charles Raphael de Almeida

- Advertisement -

Hari ini, Rabu (10/4/2024), Charles Raphael de Almeida genap berusia 29 tahun. Pemain asing Arema itu lahir di Rio de Janeiro, 10 April 1995 silam.

Raphael merupakan pemain asing yang memperkuat Arema di Liga 1 2023-2024. Pemain asal Brasil itu biasa menempati posisi sebagai gelandang bertahan, tapi di Arema lebih sering dijadikan bek tengah alias stopper.

Arema secara resmi memperkenalkan Raphael pada 27 Juni 2023. Pemilik jersey bernomor punggung 32 itu didatangkan Arema dengan kontrak berdurasi selama satu tahun.

Sebelum bergabung dengan Arema, Raphael memperkuat klub Liga Brasil, Manaus FC. Raphael bermain dalam delapan pertandingan dan menyumbangkan satu gol.

Raphael memulai karier juniornya di klub lokal Brasil, Macae. Raphael lantas dikontrak klub Brasil lainnya, Santa Cruz sejak 4 April 2018.

Pada musim berikutnya, Raphael pindah ke Londrina PR sejak 1 Oktober 2019 dengan status pemain pinjaman. Saat kontraknya berakhir, Raphael hengkang ke Remo pada 13 Januari 2020.

Raphael terus berpetualang ke klub-klub Liga Brasil, termasuk Sao Caetano pada 19 Februari 2021. Lantas, pada 4 Juni 2021, Raphael memperkuat Jacuipense BA.

Sempat tanpa klub beberapa bulan, Raphael gabung Retro sejak 7 Januari 2022. Pada tahun berikutnya, Raphael menuju ke Portuguesa RJ sejak 1 Januari 2023, sebelum akhirnya ke Manaus FC pada 9 Maret 2023.

Debut Raphael bersama Arema dilakoninya pada laga Pekan 1 melawan Dewa United (2/7/2023). Masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, Charles Raphael de Almeida gagal menyelamatkan Arema dari kekalahan 0-1 di kandang lawan.

Raphael awalnya bermain sebagai gelandang bertahan. Tapi absennya Ichaka Diarra karena cedera, memaksa tim pelatih Arema mereposisinya menjadi bek tengah.

Karakternya yang lugas dalam memotong serangan-serangan lawan mennjadi kekuatan tersendiri di lini pertahanan Arema. Apalagi, Raphael punya kelebihan dalam build up serangan dan mengeksekusi tendangan bebas.

Gol perdana Raphael untuk Arema dilesakkannya ke gawang Persis Solo (9/12/2023). Satu golnya di menit-menit akhir membawa Arema menang 3-1.

Tamales ngalu nuhat, Raphael! Panjang umurnya serta mulia, pemain yang wajahnya mirip mantan bek tengah Arema, Arthur Cunha da Rocha.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya