Terungkap Alasan Fernando Valente Haramkan Pemain Arema Lakukan Umpan Panjang

- Advertisement -

Terungkap alasan pelatih Fernando Valente haramkan pemain Arema lakukan umpan panjang, apalagi jika itu dilakukan secara ngawur atau tak terarah. Pelatih asal Portugal itu lebih senang anak asuhnya bermain umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki.

Umpan panjang tak ada dalam ide-ide maupun konsep cara bermain yang diusung Fernando sejak melatih Arema. Makanya, pelatih asal Portugal itu heran ketika masih ada pemain yang melakukannya dalam beberapa momen di pertandingan lanjutan Liga 1 2023-2024.

Menurutnya, ide-ide itu sangat sederhana, dan mudah dipahami. Pelatih berlisensi UEFA Pro itu pun sudah menjelaskan panjang lebar kenapa mereka harus menerapkan ide-ide dan konsep yang mungkin berbeda dengan pelatih sebelumnya.

“Ketika mendapatkan bola, sangat mudah untuk langsung melakukan umpan panjang, tapi setelah itu apa ynag bisa kita laukan? Setelah umpan panjang itu, bola memang kembali kepada kita, tapi masalahnya bolanya gak sendirian, tapi kembali bersama pemain lawan,” kata Fernando.

Pemain Arema Lakukan Umpan Panjang Sehingga Mudah Kehilangan Bola

Fernando Valente menambahkan, umpan panjang adalah salah satu jalan cepat bagi sebuah tim kehilangan bola, kecuali ada kapasitas untuk melakukannya dengan benar. Jika tidak bisa, maka konsep permainan dari kaki ke kaki yang dibawanya seharusnya bisa menjadi solusi terbaik.

“Kita mencoba untuk gak kehilangan bola. Jika kita kehilangan bola maka konsekuensinya adalah bertahan. Artinya, saat kita menguasai bola, hakikatnya itulah cara bertahan terbaik, karena lawan gak bisa mencetak gol,” imbuhnya.

“Pendekatannya, pertama kita mencoba untuk gak kehialangan bola selama mungkin, lalu kita mencoba mencetak gol. Kalau mau memenangkan pertandingan, kita gak cukup cuma dengan menguasai bola, tapi kita jug kita juga harus bisa mencetak gol.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya