10 Sponsor Apparel Jersey Arema Sepanjang Masa

Segera, Arema Luncurkan Jersey Musim 2021

Sejak pertengahan musim Liga 1 2019, Arema memperkenalkan self-apparel jersey-nya, Singo Edan Apparel (SEA) yang dipakai hingga kini. Sebelumnya, tercatat ada sembilan sponsor apparel jersey Arema.

Sponsor apparel biasanya tak cuma menyediakan jersey, lengkap dengan celana dan kaos kaki untuk pemain. Perlengkapan lain untuk pelatih, pemain dan offisial harusnya juga disediakan, seperti jaket, tas untuk away, juga perlengkapan untuk latihan.

Merk apparel asal luar negeri seperti Adidas dan Nike bisa jadi memiliki panawaran kontrak sponsorship yang lebih menggiurkan. Namun, apparel lokal sekarang ini juga tak kalah bergengsi dan berkualitas produknya.

Inilah 10 Sponsor Apparel Jersey Arema Sepanjang Masa

1. Adidas

Logo Adidas lawas berbentuk daun singkong pernah ada di jersey Arema di tahun 1990-an, tepatnya saat Arema tampil di era Galatama. Kabarnya, status Adidas kala itu merupakan apparel resmi yang menjalin kerja sama sponsorship dengan penyelenggara Galatama. Karenanya, semua klub pesertanya mengenakan apparel yang sama.

2. Reebok

Apparel Reebok ini bisa dijumpai pada jersey Arema di musim 1998-1999 hingga 2000-an. Status produsen alat olahraga ternama ini sama dengan Adidas kala itu yang merupakan sponsor resmi kompetisi. Tak heran kalau seluruh peserta kompetisi mengenakan apparel yang sama.

3. Puma

Era baru Arema bisa amenggandeng apparel sendiri, bukan subsidi operator kompetisi, bisa jadi saat Liga Djarum Indonesia 2007-2008. Saat itu Arema memakai apparel Puma. Apparel asal Italia dengan logo hewan puma (macan) itu cuma bertahan dua musim hingga Indonesia Super League (ISL) 2008-2009.

4. Diadora

Diadora disebut-sebut sebagai sponsor apparel paling beruntung, karena menyeponsori di saat prestasi juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010 diraih skuad Singo Edan. Sayang, apparel tersebut cuma bertahan satu musim saja.

5. Lotto

Menyambut Indonesia Super League (ISL) 2010-2011, Arema menggandeng apparel anyar, Lotto. Bersama brand apparel asal Italia itu, Arema menempati posisi runner up ISL 2010-2011 dan sempat tampil di Liga Champions Asia 2010.

6. Ultras

Pada pertengahan musim Indonesia Super League (ISL) 2011-2012, Arema memberikan gebrakan anyar dengan memperkenalkan brand lokal Malang, Ultras sebagai apparel mereka. Ini momen untuk pertama kalinya apparel lokal dipakai Arema di kancah sepak bola nasional. Ultras bertahan sebagai sponsor hingga ISL 2013.

7. Joma

Joma diperkenalkan Arema sebagai sponsor apparel anyar untuk Indonesia Super League (ISL) 2014. Apparel asal Spanyol itu cuma bertahan di Arema untuk satu musim saja, meski sempat ada rencana perpanjangan kontrak.

8. Specs

Specs terbilang sebagai satu-satunya apparel terlama yang pernah menyeponsori Arema. Produk lokal Indonesia itu hadir untuk pertama kalinya di Arema pada kompetisi QNB League 2015 yang akhirnya dibubarkan. Kerja sama kedua belah pihak terus berlanjut hingga Liga 1 2018. Sejumlah jersey dengan disain elegan diberikan Specs untuk Arema, kecuali jersey bercorak kotak-kotak biru-kuning untuk QNB League 2015 yang terbilang paling kontroversial.

9. Munich X

Sebelum kontrak dengan Specs berakhir, Arema berupaya mencari sponsor apparel anyar untuk Liga 1 2019 dengan alasan ingin mencari suasana baru. Akhirnya, pilihan jatuh pada Munich X, aparal yang disebut-sebut berasal dari luar negeri. Namun kasus wanprestasi lantaran Munich X tak bisa menyediakan kebutuhan tim Arema seperti yang dijanjikan dalam kontrak membuat kerja sama keduanya berhenti sebelum Liga 1 2019 berakhir.

10. Singo Edan Apparel (SEA)

Sebagai pengganti Munich X, Arema ternyata memutuskan tak mencari apparel lain, dan lebih ingin memakai self-apparel. Lantas Singo Edan Apparel (SEA) resmi dipakai jerseynya di sisa laga Liga 1 2019. Salah satu alasan Arema mengunakan apparel sendiri adalah kebebasan menjual produk sendiri dengan harga yang diinginkan, tanpa harus tergantung pada stok suplai dan ketentuan harga yang ditetapkan pihak apparel.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.