Butuh Pemain Kreatif, Arema Butuh Playmaker?

    Banyak yang bilang kalau Arema butuh playmaker untuk menambah kreasi saat menyerang di putaran kedua Liga 1 2021-2022. Pasalnya, Arema dinilai butuh sosok pemain kreatif demi mempertajam lini depan.

    Melihat komposisi pemain yang ditampilkan pelatih Eduardo Almeida di putaran pertama lalu, memang tak ada sosok playmaker. Hasilnya, skuad Singo Edan dinilai tak punya sosok pemain yang mampu mengatur tempo dan ritme permainan.

    Lini tengah Arema didominasi para tukang jagal, seperti Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, dan Hanif Sjahbandi. Ketiganya lebih sering bertarung merebut bola, dan cuma sesekali membantu menyerang.

    Harus diakui, kekuatan Arema saat menyerang ada pada kedua sayap mereka di kanan dan kiri. Di posisi ini ada nama-nama seperti Dendi Santoso, Kushedya Hari Yudo, Feby Eka Putra, Ridwan Tawainella, hingga Hamzah Titofani.

    Arema Butuh Playmaker yang Mendukung Carlos Fortes

    Arema dinilai butuh playmaker untuk mendukung Carlos Fortes sebagai ujung tombak. Kehadirannya diyakini dapat menambah opsi penyerangan selain hanya mengandalkan kedua sayap.

    Salah satu dampak tidak adanya sosok kreatif memaksa Fortes kerap turun ke lini tengah untuk menjemput bola dari para gelandang bertahan. Bisa jadi itu tipe permainannya atau memang ada instruksi khusus dari tim pelatih.

    Ketika ada sosok playmaker, bisa jadi Fortes akan lebih tenang berada di lini depan. Si pengatur serangan itulah yang akan menjadi pelayan setia dengan umpan-umpan terukurnya.

    Apa Kendala Arema Dalam Mendatangkan Playmaker?

    Selama ini, playmaker hampir selalu identik dengan sosok pemain asing. Ini yang menjadi masalah bagi Arema yang kini sudah punya empat pemain asing yang semuanya tampil mbois di putaran pertama.

    Satu-satunya solusi jika tak ingin mencoret salah satu dari mereka adalah mendatangkan playmaker lokal di bursa tranfer pemain paruh musim ini. Cukup banyak playmaker lokal, tapi masalahnya siapa yang sedang nganggur tidak terkiat kontrak dengan tim lain atau adakah tim lain yang mau pemainnya dibajak?

    Aremania sempat berharap Makan Konate untuk bisa direkrut kembali sebagai solusi soal kebutuhan playmaker ini. BACA: Eduardo Almeida justru berharap obrolan soal Konate diakhiri.