Cristiano Ronaldo Tak Masuk Nominasi Ballon d’Or 2023, Pelatih Arema: Sudah Bukan Masanya

- Advertisement -

Tak seperti Lionel Messi, nama Cristiano Ronaldo tak masuk nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2023. Sebagai sesama orang Portugal, Pelatih Arema, Fernando Valente menyebut sekarang memang bukan masanya lagi bagi mega bintang milik klub Arab Saudi, Al Nassr itu.

Daftar pemain yang berpeluang menjadi pemain terbaik dunia itu baru saja diumumkan. Yang mengejutkan, di antara 30 pemain itu tak ada nama Ronaldon yang sejauh ini sudah mengoleksi lima gelar bergensi tersebut.

Fernando menilai, apa yang sudah dikerjakan Ronaldo hingga saat ini mampu mengubah cerita dalam sepak bola.Tak mudah bagi seorang pesepak bola meraih banyak rekor seperti Ronaldo.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, waktu terus berjalan, sekarang zaman sudah berubah, orang-orang berubah, dunia pun berubah. Tapi, Ronaldo sudah meninggalkan jejak dalam sejarah sepak bola,” kata Fernando.

Layakkah Cristiano Ronaldo Tak Masuk Nominasi Ballon d’Or 2023?

Fernando Valente tak menyebut keputusan untuk tidak lagi memasukkan nama Cristiano Ronaldo dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2023 layak atau tidak. Namun, pelatih berusia 64 tahun itu merasa sekarang semakin banyak pesepak bola berkualitas yang menjadi pesaingnya.

“Sekarang sudah bermunculan beberapa pemain lain yang bagus-bagus untuk membuat sejarah baru. Sebagai sesama orang Portugis, saya respek kepada Ronaldo, tapi sebagai seorang pelatih kita harus melihat secara keseluruhan,” imbuhnya.

“Selain Ronaldo, kita punya Messi, Haaland, Mbappe, atau yang lainnya. Mereka bisa membuat sejarah baru. Setelah kita bicara ini, mungkin itu (perdebatan soal siapa pesepak bola terbaik) akan berubah.”

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya