EDITORIAL: Pemain Arema yang Bersinar dan Tenggelam Sepanjang Pramusim

EDITORIAL: Pemain Arema yang Bersinar dan Tenggelam Sepanjang Pramusim
Pandi Lestaluhu (C) DANI KRISTIAN

Tak semua pemain Arema bersinar sepanjang pramusim sebelum Liga 1 2020 digelar. Ada pemain Arema yang bersinar, ada pula yang tenggelam, bahkan hingga terlempar dari skuad Singo Edan.

Pada masa pramusim, di bawah arahan pelatih Mario Gomez, Arema menjalani tujuh pertandingan dalam satu bulan, sejak 22 Januari hingga terakhir 23 Februari. Tercatat, Arema menuai empat kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah dari lawan-lawannya.

Dua dari empat kemenangan Arema diraih di ajang Piala Gubernur Jatim (Jawa Timur) 2020 dengan mengalahkan Sabah FA (Malaysia) dan Persela Lamongan. Dua kemenangan lainnya didapat dalam laga uji coba pembuka melawan Bintang Semeru 10-1, dan penutup melawan Barito Putera 3-0.

Skuad Singo Edan sempat dua kali meraih hasil imbang 1-1, ketika beruji coba dengan Semeru FC, dan Persij Jakarta (di Piala Gubernur Jatim 2020). Satu-satunya kekalahan Arema diderita dari tim rival, Persebaya Surabaya dengan skor 2-4 yang memaksa mereka terhenti di babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020.

Siapakah Pemain Arema yang Bersinar Selama Pramusim?

Ada sejumlah pemain Arema yang tampak menonjol selama pramusim. WEAREMANIA memilih empat pemain di masing-masing posisi, kiper, belakang, tengah, dan depan.

Untuk posisi kiper, rekrutan anyar Arema, Teguh Amiruddin layak dikedepankan. Pemain asli Malang itu dimainkan penuh saat Arema mengalahkan Persela Lamongan 3-1 dan Barito Putera 3-0. Namanya bakal jadi pesaing kuat bagi Kartika Ajie di bawah mistar gawang Arema di Liga 1 2020.

Pada posisi pemain bertahan, ada sosok Johan Farizi. Sebagai bek sayap, agresivitas dalam menyerang ditunjukkannya dengan mencetak dua gol di Piala Gubernur Jatim 2020. Pemain yang akrab dipanggil Jhon itu hampir tak tergantikan di posisi fullback kiri.

Dave Mustaine menjadi gelandang rekrutan anyar Arema yang bersinar pada masa pramusim. Selain tiba-tiba muncul di depan sebagai penyerang, eks PS Sleman itu juga kerap melesakkan tembakan jarah jauh dari luar kotak penalti.

Di lini depan, Aremania pasti setuju jika nama Kushedya Hari Yudo disebut sebagai penggawa Singo Edan paling bersinar selama pramusim. Tiga gol dibuatnya menjadi salah satu bukti sahih bagusnya penampilannya bersama Arema di lini depan.

Siapakah Pemain Arema yang Tenggelam Selama Pramusim?

Ada pemain yang bersinar, pun ada pemain yang tenggelam bersama Arema selama pramusim ini. WEAREMANIA memilih tiga pemain yang masuk kategori ini.

Tiga pemain itu adalah Ganjar Mukti, Pandi Lestaluhu, dan Alfin Tuasalamony. Kecuali Alfin, dua nama pertama sejatinya merupakan rekrutan anyar yang didatangkan tim pelatih Arema untuk musim 2020 ini.

Nyatanya, penampilan ketiga pemain tersebut dinilai di luar ekspektasi awal tim pelatih Arema. Akhirnya, Ganjar, Pandi dan Alfin dilepas sebelum kick off kompetisi.