Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Bhayangkara FC vs Arema FC: 1-0

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Bhayangkara FC vs Arema FC: 1-0
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

Laga pekan ke-29 Liga 1 2019 antara Bhayangkara FC vs Arema FC tersaji di Stadion PTIK Jakarta, Rabu (27/11/2019) sore. Kekalahan tipis 0-1 diderita Arema dari tim tuan rumah.

Jalannya Babak Pertama

Pada awal babak pertama, justru Arema yang mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Peluang pertama didapatkan skuat Singo Edan di menit pertama lewat tembakan Riky Kayame yang diselamatkan kiper Bhayangkara, Wahyu Tri dengan dadanya.

Selang sepuluh menit, Kayame kembali melepaskan tembakan, yang kali ini dari luar kotak penalti. Namun, bola yang menyusur tanah terlalu pelan, sehingga mampu ditangkap Wahyu.

Di menit 18, giliran Hanif Sjahbandi yang mendapatkan peluang. Menyambut umpan silang Kayame di sisi kiri pertahanan Bhayangkara, berdiri bebas, Hanif gagal mengarahkan bola ke gawang lawan dan malah meninggi.

Rifaldi Bawuo tak mau ketinggalan menciptakan peluang untuk Arema di menit 22. Sayang, tembakan kaki kanannya melebar ke sisi kiri gawang Bhayangkara.

Pada menit 24, Anderson Salles mendapat kesempatan melalui tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Arema. Namun, eksekusinya membuat bola melebar sisi ke kiri gawang yang dijaga kiper Kartika Ajie.

Sebuah kombinasi Dendi Santoso dan Agil Munawar di menit 25 nyaris membuat Arema unggul. Sayang, Ahmad Nur Hardianto yang memungkasi kerja sama apik itu gagal mengarahkan bola ke gawang Bhayangkara.

Di menit 29, Hardianto kembali menembak, kali ini dengan cara plessing memakai kaki kiri. Namun bola kembali meninggi di atas mistar gawang kiper Wahyu.

Tandukan Bruno Matos menyambut crossing Muhammad Hargianto di menit 32 hampir saja menjebol gawang Arema andai tak membentur tiang dan dibuang Ajie keluar kotak penalti. Semenit berselang, Ajie kembali memblok heading Bruno dengan baik.

Petaka bagi gawang Arema datang lewat serangan balik yang dimotori Bruno di menit 39. Kerjasamanya dengan Herman Dzumafo, yang menyodorkan bola dengan umpan cantik, langsung disambar Adam Alis. Sepakan keras kaki kanan menyusur tanah tak mampu diselamatkan Ajie.

Jalannya Babak Kedua

Tertinggal 0-1 di babak pertama, Arema mencoba kembali menguasai permainan sejak awal babak kedua. Peluang dari Rifaldi di menit 49 membuka peluang Arema di babak kedua, yang sayang terlalu lemah, sehingga Wahyu mampu menangkap bola.

Peluang kedua Rifaldi datang di menit 51 yang kali ini melalui sepakan plessing. Namun, upaya kaki kanannya itu terlalu lemah, sehingga bola kembali jatuh di pelukan Wahyu.

Bruno kembali mengancam gawang Arema di menit 52 lewat aksi penetrasinya. Tapi, tembakan kaki kanannya dari dalam kotak 12 pas masih mampu diblok Ajie dengan sigap.

Arema terus dengan gencar membalas ketinggalan satu gol dari tim tuan rumah. Upaya Hardianto di menit 53 lewat tembakan kaki kanan ternyata terlalu pelan dan dengan mudah ditangkap Wahyu.

Memasuki pertengahan babak kedua, tim pelatih Arema memasukkan tiga pemain pengganti. Ridwan Tawainella menggantikan Rifaldi, Sylvano Comvalius menggantikan Hardianto, dan Takafumi Akahoshi menggantikan Kayame.

Bhayangkara pun juga melakukan tiga pergantian jelang babak kedua berakhir. Dendy Sulistyawan menggantikan Bruno Matos, Nur Iskandar menggantikan Adam Alis, dan Reksa Maulana menggantikan Ilham Udin.

Sisa sepuluh menit terakhir, Bhayangkara cuma tampil bertahan. Sementara itu, Arema mencoba mengurung pertahanan tim tuan rumah.

Jelang laga bubar, Arema sebenarnya memiliki peluang emas dari Hamka. Sayang, tandukannya melencek ke sisi kiri gawang Wahyu, sehingga skor 1-0 untuk kemenangan Bhayangkara tak berubah.