Rekam Jejak Kehidupan Irfan Bachdim Tak Bisa Dilepaskan dari Kota Malang

    Bukan cuma Hari Ulang Tahunnya yang sama dengan Arema, 11 Agustus, sosok Irfan Bachdim tak bisa dilepaskan dari Kota Malang. Tak heran jika namanya santer dihubung-hubungkan dengan Arema begitu lepas dari PSS Sleman.

    Kabar berpisahnya Irfan dengan PSS di pengujung Liga 1 2021-2022 Seri 1 memang cukup mengejutkan, terlebih ketika jendela transfer pemain sudah tutup. Alasan keluarga yang ada di Bali membuat pemain berusia 33 tahun itu memutuskan demikian.

    Alasan keluarga yang tinggal di Bali pulalah yang membuatnya batal merapat ke Arema jelang bergulirnya Liga 1 2017 silam. Saat Bali United melepasnya di akhir Liga 1 2019, sebenarnya Arema siap menampungnya, tetapi justru PSS Sleman yang memperkenalkannya sebagai pemain anyar.

    Kini, kabar mundurnya Irfan dari skuad PSS mencuatkan rumor pemain yang pernah berkarier di J-League itu ke Arema. Kabar itu disampaikan seorang agen pemain yang tak mau disebuatkan namanya.

    Sebelum melanglang buana ke sejumlah klub, Irfan tercatat memulai karier sepak bola profesionalnya di Indonesia bersama Persema Malang. Pemain berposisi winger itu memperkuat klub saudara tua Arema selama tahun 2010-2013.

    Irfan Bachdim Tak Bisa Dilepaskan dari Kota Malang, Lihat Saja Latar Belakang Keluarganya

    Kalau masih belum percaya ada ikatan kuat antara Irfan Bachdim dengan Kota Malang, lihat saja latar belakang keluarganya. Darah biru Arek Malang sejatinya mengalir di nadi pemain depan yang identik dengan jersey bernomor punggung 17 itu.

    Bapaknya, Nouval Bachdim merupakan Warga Negara Indonesia keturunan Arab-Indonesia yang lahir di Malang. Darah pesepak bola menurun darinya yang juga pernah menjadi pemain Persema Malang di tahun 1975-1977.

    Noval menetap di Lawan, Kabupaten Malang hingga tahun 80-an sebelum akhirnya pindak ke Belanda bersama sang istri, Hester van Dijk yang asli Belanda. Bukan cuma sang bapak, kakek Irfan, Ali Bachdim, pun seorang pesepak bola amatir di PS AL di lingkungan TNI.

    Lantas, akankah Irfan benar-benar menghabiskan ‘masa senja’ sebagai pesepak bola di Kota Malang? Akankah menjatuhkan pilihan pada Arema di bursa transfer paruh musim nanti adalah pilihan tepat baginya untuk bernostalgia?

     

    Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.