Evaluasi Putaran Pertama: Makan Konate Raja Gol dan Assist Arema

Evaluasi Putaran Pertama: Makan Konate Raja Gol dan Assist Arema
Evaluasi Putaran Pertama: Makan Konate Raja Gol dan Assist Arema

Makan Konate tetap menjadi raja gol Arema selama paruh musim di Liga 1 2019. Total 10 gol dilesakkannya dalam 16 laga bersama Arema.

Dalam 16 laga, Arema mencetak 33 gol. Artinya, 10 persen gol Arema di paruh musim disumbangkan Konate. Rata-rata, pemain asal Mali itu mencetak satu gol di tiap laga, walaupun Arema dua kali gagal mencetak gol, saat kalah 0-1 dari Madura United dan 0-2 dari Borneo FC.

Sebuah hattrick dibuatnya saat Arema menang telak 4-1 di kandang atas Perseru Badak Lampung. Tujuh gol lainnya diciptakan pemain 27 tahun itu ke gawang Persib Bandung, PS Tira-Persikabo, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Kalteng Putra, Persebaya Surabaya, dan Bali United.

Hanya tiga pemain Arema yang mampu menyaingi perolehan golnya saat ini. Ada nama Dedik Setiawan dengan enam golnya, Sylvano Comvalius dengan empat golnya, dan Dendi Santoso dengan tiga golnya.

Makan Konate Juga Raja Assist

Selain menjadi raja gol Arema di putaran pertama ini, Makan Konate pun dinobatkan sebagai raja assist. Tercatat tujuh umpan berujung gol yang dibuatnya dalam 16 laga.

Menariknya, tujuh assist itu dicatatkan pemilik jersey bernomor punggung 10 ini dalam empat laga saja. Brace assist dilakukannya saar Arema menang 2-1 atas Barito Putera, 4-0 atas Persebaya Surabaya, dan 5-1 atas Persib Bandung. Satu assist lagi disumbangkannya kala Arema mengalahkan Persela Lamongan 3-2.

Sylvano Comvalius menjadi satu-satunya pemain Arema yang sanggup menyaingi torehan jumlah assist Konate. Keduanya sama-sama menyumbang tujuh assist. Bedanya, tujuh assist Comvalius dibukukannya dalam lima laga.