HUT Arema dan Momen Idul Adha

Bila bertanya adakah bulan yang ditunggu-tunggu oleh Aremania dari 12 bulan yang tersaji dalam 1 tahun. Bulan Agustus sepertinya akan menjadi mayoritas jawaban dari mereka.

Di bulan yang juga bertepatan dengan bulan di mana rakyat Indonesia akan mulai berbicara mengenai kisah kepahlawanan dan kemerdekaan, di Malang Raya pembicaraan bukan hanya sekadar berkutat soal itu.

Memang ada apa sih dengan bulan Agustus dan Malang? Bagi Aremania tentu saja ini adalah bulan yang spesial. Tepatnya pada 11 Agustus, setiap tahunnya Aremania akan merayakan hari lahir klub kebanggaan mereka, Arema.

Dan di setiap tanggal itu pula, gegap gempita kemeriahan ulang tahun hadir dan bisa dirasakan di hampir semua penjuru Malang Raya.

Namun tahun ini bisa dikatakan berbeda. Bila biasanya setiap tanggal 11 Agustus atau bahkan jauh sebelum tanggal itu, teaser pesta Aremania mulai bermunculan, mulai tempat, waktu, dan juga acara mulai banyak berseliweran di lini masa.

Kini euforia itu sedikit ‘terdistraksi’. Penyebabnya, tanggal ulang tahun itu bertepatan dengan Iduladha, hari raya kurban bagi umat Muslim.

Manajemen Arema pun sudah jauh-jauh hari memberikan woro-woro. Tahun ini, ulang tahun yang biasanya penuh euforia akan berbeda.

Euforia perayaan memang masih bisa dirasakan, namun ada yang berubah dalam susunannya acaranya. Tidak ada lagi konvoi. Acara religi pun disiapkan sebagai pengganti.

“Tahun ini untuk konvoi sepertinya tidak ada. Manajemen menyiapkan beberapa acara religi karena bersamaan dengan Hari Raya Iduladha,” diungkapkan Media Officer Arema, Sudarmaji beberapa waktu lalu.

Napak tilas yang biasanya menjadi agenda tahunan setiap perayaan yang juga merupakan rute konvoi Arema, kini ditiadakan.

Gantinya, manajemen menggelar solat Iduladha bersama pemain di depan kantor Arema, Jalan Mayjen Panjaitan 43, Kota Malang. Harapannya jelas, rasa saling menghormati hidup kembali dan toleransi yang mulai terkikis bertumbuh.

Mungkin inilah yang dimaksud dengan right moment in the right place. Momen ulang tahun Arema dan juga bertepatan dengan Iduladha.

Momen ini diharapkan menjadi momen bagi kita sebagai suporter untuk bercermin, untuk melihat diri, dan tentunya menjadi lebih baik lagi. Bukan lagi dengan ber-haha-hihi, saling menyahut raungan motor, tapi dengan bermunajat dan berdoa kepada Sang Pemilik Hidup.

Selamat ulang tahun ke-32 Arema, selamat merayakan ulang tahun Aremania.